7 Rahasia Belajar Lebih Efektif (Bagian 1)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Sabtu, 12 April 2014

7 Rahasia Belajar Lebih Efektif (Bagian 1)

Duh, sering susah hafal atau menyerap materi kalau lagi belajar nih! Kalau gitu, boleh banget coba beberapa tips ini biar belajar kita lebih efektif.

 

Fokus pada satu hal

Bergonta-ganti mengerjakan sesuatu jelas bakal bikin kita enggak fokus. Apalagi kalau salah satu kegiatan yang kita lakukan adalah belajar yang memang butuh konsentrasi tinggi. Fokus jadi hal penting dalam membentuk sebuah memori. Jadi agar informasi yang kita serap bisa berubah dari ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang, kita mesti mencurahkan perhatian atau konsentrasi penuh pada informasi ini.

 

Gunakan beberapa cara

Coba kenali gaya belajar yang paling cocok untuk kita. Apakah dengan cara mendengarkan (auditif) atau melihat (visual). Kalau auditif, coba belajar dengan cara membacanya dengan keras, direkam atau tanya jawab dengan teman. Sedangkan tipe visual, coba beri warna atau garis pada materi yang sedang kita pelajari. Bisa juga dengan merangkum materi tersebut ke dalam catatan baru berbentuk bagan, diagram atau catatan yang dihias dan diberi warna-warna yang menarik.

 

Terkadang ada juga yang cocok dengan kedua gaya tersebut. Sebenarnya, semakin banyak cara yang kita gunakan buat menyerap informasi, semakin besar kemungkinana otak kita mempertahankan memori tentang informasi tersebut. Soalnya cara yang berbeda akan mengaktifkan berbagai bagian otak yang berbeda pula. Dengan adanya beberapa bagian otak yang bekerja maka kemampuan kita untuk menyerap dan mempertahankan informasi itu dalam otak akan lebih baik juga.

 

Selingi dengan istirahat dan tawa

Hindari terus-terusan belajar selama beberapa jam sekaligus. Selingi dengan minum, makan camilan dan tertawa. Minum air putih bisa memberikan tambahan oksigen dan juga mencegah dehidrasi kecil yang kadang enggak kita sadari. Kalau tubuh kekurangan cairan, kemampuan otak buat merespon informasi yang masuk akan berkurang. Tertawa juga memberikan efek segar bagi otak sehingga bisa bekerja lebih baik dalam memecahkan masalah (misalnya soal) dan lebih kreatif.

 

Jangan juga memaksakan terus belajar saat kita sudah mengantuk, karena kemampuan otak buat menyerap informasi dan menyimpannya dalam memori pun akan sangat berkurang. Jadi mengorbankan tidur dan memaksa terus belajar itu enggak akan efektif. Otak yang mendapatkan istirahat atau tidur yang cukup justru bisa menyerap informasi lebih cepat. Jadi kalau sudah ngantuk, lebih baik tidur dulu baru nanti lanjut belajar lagi.

 

Baca bagian keduanya dengan klik di sini.

 

(aisha, foto: collegefinancialaidadvisors.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN