7 Perabotan di Rumah Yang Membuat Kita Merasa Lelah (Bagian 2)

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Jumat, 2 Oktober 2015

7 Perabotan di Rumah Yang Membuat Kita Merasa Lelah (Bagian 2)

Tanpa kita sadari, dekorasi sampai perabot rumah bisa saja menurunkan mood, membuat pikiran sulit tenang, malah sampai mengakibatkan tidur enggak nyenyak. Ini dia 7 perabotan di rumah yang membuat kita merasa lelah.

 

(Baca juga: 7 Perabotan di Rumah Yang Membuat Kita Merasa Lelah Bagian 1)

 

Cat biru di ruang keluarga

Coba cek apa warna dinding kita. Dalam sebuah studi, Travelodge mengamati warna cat di 2.000 rumah dan apa efek yang ditimbulkan dari warna tersebut. Ditemukan, cat berwarna biru bisa memperlambat detak jantung, mengurangi tekanan darah, dan membuat ngantuk. Pilihan yang baik untuk ruang tidur, jadi pilihan yang kurang tepat bagi ruang keluarga, ruang makan, atau ruang kerja.

 

(Baca juga: Tips Mudah Tertidur Pulas Saat Insomnia Melanda)

 

Suhu AC

Jangan salah memasang suhu AC di siang hari, sebab bisa saja membuat kita mudah mengantuk sepanjang hari. Studi menemukan, suhu yang paling ideal untuk merasa mengantuk dan akhirnya tertidur ialah 18-22 derajat celcius. Sehingga kalau kita enggak ingin akhir pekan di rumah dengan keluarga terganggu karena mata yang mengantuk, pasanglah suhu antara 22-24 derajat celcius.

 

(Baca juga: Efek Kurang Tidur Bisa Memengaruhi Produktivitas)

 

Tirai yang selalu tertutup

Cahaya terang alami dari matahari ternyata bisa membuat kita tidur lebih baik di malam hari. Sebuah studi menemukan, para pekerja yang terbiasa terpapar cahaya alami dari matahari di ruang kerjanya, tidur 46 menit lebih lama ketimbang mereka yang lebih sering terkena cahaya lampu.

 

Sehingga, akan membuat tubuh beristirahat lebih baik pada malam hari dan lebih produktif di hari berikutnya. Jadi, pastikan cahaya alami menerangi rumah kala siang demi mendapat tidur yang lebih baik.

 

(Baca juga: Penyebab Mimpi Buruk Dan Cara Mengatasinya)

 

Aroma lavender

Banyak digunakan sebagai aroma lilin terapi karena mampu membuat pikiran rileks dengan cepat. Sayangnya, psikolog dari Wesleyan University menemukan fakta lain, bila aroma ini dihirup di siang hari, berpotensi membuat kita mengantuk atau tak bergairah untuk bergerak cepat.

 

Padahal, aroma lavender juga kerap digunakan sebagai pewangi ruangan,sabun mandi, sabun pel, atau pengharum kamar mandi. Jadi, ada baiknya untuk memilih aroma lemon ketimbang lavender untuk jenis pewangi apapun di rumah.

 

(Baca juga: Anti Stres dan Cemas dengan Aroma Theraphy)

 

(ayunda/nationalgeographic.co.id, foto: giphy.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN