7 Kebiasaan Buruk Menggunakan Smartphone (Bagian 2)

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Selasa, 23 Desember 2014

7 Kebiasaan Buruk Menggunakan Smartphone (Bagian 2)

Teknologi memberikan kita banyak kemudahan. Tapi tanpa disadari kita jadi punya kebiasaan buruk dengan gadget. Ini dia 7 kebiasaan buruk menggunakan smartphone.

 

(Baca juga: Quiz box: gadget yang mencerminkan kepribadian kamu)

 

Gadget menyala 24 jam

Smartphone juga perlu istirahat, lho. Saking takutnya enggak update, kita jadi enggak pernah mematikan smartphone. Ketika kita sudah ada di rumah dan sudah waktunya tidur, sebaiknya matikan saja smartphone kita. Enggak hanya smartphone, tapi juga komputer. Kalau kita memutuskan enggak memakai komputer atau laptop lebih dari dua jam, sebaiknya matikan saja. Jangan lupa cek kabelnya juga harus dilepas dari colokan agar hemat listrik dan terhindar dari arus pendek.

 

(Baca juga: Ini yang terjadi kalau  salah menyimpan handphone)

 

Menggunakan gadget di kamar kecil

Saking enggak bisa lepas dari smartphone, sambil duduk di toilet pun kita bermain dengan smartphone. Di toilet, banyak bakteri yang bertebaran. Bisa-bisa menempel di smartphone kita, girls. Daaan kalau enggak hati-hati, smartphone pun bisa jatuh ke lubang toilet. Aduh, jangan sampai terjadi, yah!

 

(Baca juga: Pertolongan pertama handphone kena air)

 

Enggak membersihkan gadget

Tanpa kita sadari, smartphone adalah salah satu benda yang paling kotor, lho, karena setiap hari kita pegang dan letakkan di mana-mana tanpa sadar tempat itu kotor atau bersih. Biasakan untuk membersihkan smartphone secara teratur, yuk!

 

(Baca juga: Kelamaan Pakai Handphone Memicu Masalah Kulit)

 

Lupa sekeliling

 

 

iPod dan earphone dipasang ke kuping, gadget di tangan kiri dan laptop di depan meja. Kita benar-benar terisolasi dengan dunia di sekeliling kita. Rasanya, sih, asyik, enggak ada orang yang peduli sama kita. Tapi asyik dengan smartphone sampai lupa sekeliling juga berbahaya.

 

 

 

Bayangkan kalau tiba-tiba ada kebakaran atau teriakan minta tolong dari orang di rumah yang tak bisa kita  dengar? Atau yang lebih bahaya lagi, kita sedang ada di kafe atau tempat umum? Kondisi enggak waspada seperti ini bisa mengundang orang berniat jahat. Jadi seasyik-asyiknya kita dengan smartphone, sesekali sempatkan untuk melihat sekeliling dan tetap waspada.

 

(Baca juga: 7 Kebiasaan Buruk Menggunakan Smartphone Bagian 1)

 

(muti, foto: straightfromthea.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN