7 Ide Mengisi Liburan Yang Murah Meriah

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 18 Juni 2014

7 Ide Mengisi Liburan Yang Murah Meriah

Waktu liburan sekolah yang cukup panjang memang paling asyik diisi dengan liburan bareng teman-teman atau keluarga. Tapi, kalau kita lagi minim budget, enggak ada salahnya kita coba tujuh ide mengisi liburan yang murah meriah ini dong. Yuks!


Menjelajah kota sendiri

Kita mungkin lahir atau sudah tinggal bertahun-tahun di kota tempat tinggal sekarang, tapi belum tentu kita pernah menyambangi tempat-tempat penting, cantik atau bersejarah yang ada di kota kita. Padahal mungkin setiap hari kita melewatinya tapi enggak tahu tempat itu apa dan belum pernah masuk ke dalamnya.

Coba deh bikin tur kota yang simpel seperti tur ke museum-museum atau landmark di kota, atau ke tempat-tempat bersejarah dan ruang seni. Kalau di kota kita ada bus tur untuk wisata, gunakanlah biar makin seru dan hemat. Mengunjungi tempat wisata seperti museum, land mark atau ruang seni ini juga umumnya murah banget atau bahkan gratis.

 

Mencoba fotografi

Jangan cuma doang selfie doang di hape dong. Coba ajak beberapa teman atau ikut dengan teman-teman yang hobi fotografi untuk jalan-jalan sambil hunting foto atau melakukan photo walk. Yaitu memfoto berbagai objek menarik saat kita berjalan-jalan dan coba deh upload ke social media kita agar bisa sharing dan dapat komen dari teman-teman lainnya. Kita bisa menggunakan kamera hape atau belajar menggunakan kamera profesional seperti SLR analog atau pun digital SLR. Bisa juga mencoba berbagai jenis kamera unik seperti Lomo, GoPro dan lainnya.

 

Belajar alat musik

Belajar alat musik umumnya memerlukan waktu yang cukup panjang dan ketekunan atau fokus khusus. Makanya, liburan sekolah yang cukup panjang pas banget dimanfaatkan utnuk belajar alat musik. Pilih alat musik yang sesuai dengan kesukaan dan kira-kira kemampuan kita. Biar hemat, coba belajar otodidak atau minta tolong ajari pada teman, kakak atau saudara. Alat musik yang cenderung mudah dipelajari secara otodidak biasanya gitar, drum, bass, keyboard.

 

Baca, baca, baca!

Mungkin selama ini kita suka beli buku tapi enggak sempat membacanya karena sibuk sekolah. Nah, ini waktu yang tepat buat melahap semua koleksi buku yang sudah menumpuk. Atau, kalau kita enggak rajin beli buku, manfaatkan perpustakaan atau taman baca yang ada di sekitar rumah. Misalnya perpustakaan kota yang biasanya cukup lengkap. Menghabiskan waktu seharian dengan menenggelamkan diri dalam cerita novel atau komik bisa jadi menyenangkan banget, lho! Siapa tahu jadi terinspirasi buat menulis novel atau komik juga kan.

 

Belajar software tertentu

Sekarang ini skill menguasai software kayak desain, foto atau video editor cukup penting, lho. Selain bisa banget terpakai untuk mengerjakan tugas sekolah sampai kuliah, hal ini juga bisa jadi tambahan penting di CV kita saat melamar kerja nanti. Jadi coba install beberapa software desain grafis, foto atau video editor di komputer kita terus mulai belajar deh dengan ngulik sendiri semua tools yang ada. Kalau bingung, coba minta ajari teman atau bisa juga browsing video tutorialnya di Youtube, banyak, lho!


Kerja sambilan

Dari pada menghabiskan uang, kayaknya seru kalau waktu liburan ini justru kita habiskan buat menghasilkan uang lewat kerja sambilan alias part-time job. Selain bisa menghasilkan uang, kita juga bisa mendapatkan pengalaman bekerja sekaligus link kerja yang mungkin banget berguna setealah kita lulus kuliah nanti.

Pekerjaan sambilan yang pas buat mengisi liburan misalnya jadi pelayan di café atau restoran, jaga toko, butik atau distro, memberikan les untuk anak-anak SD, jadi freelancer (menulis atau reporter) di media, magang di perusahaan miliki saudara atau kolega. Yang penting, kita benar-benar memastikan kalau tempat kerja sambilan kita itu terjamin dan aman. Pilih perusahaan yang oke dan mau mempekerjakan anak sekolah dengan upah yang layak, atau minimal sesuai dengan UMR (Upah Minimum Regional).


Jadi relawan

Kalau lagi enggak butuh banget menghasilkan, berpartisipasi jadi relawan bisa jadi kegiatan yang pas. Kita bisa bergabung dengan bergabung sama komunitas atau organisasi yang sudah sering melakukannya atau mengajak teman-teman segeng buat melakukannya secara independen. Kegiatan yang bisa dilakukan misalnya mengajar anak-anak jalanan, kegiatan penghijauan atau membersihkan kota dan lain sebagainya. Banyak-banyak browsing biar kita tahu kegiatan apa yang sedang berlangsung ya.

 

Selain tujuh ide menghabiskan liburan yang murah meriah ini, baca juga tips menghabiskan liburan bareng pacar di sini dan tips buat mendapatkan teman baru saat libura di sini ya.

 

(aisha, foto: dok. isberneonline.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN