7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Akan Kuliah Online

Published by : Ifnur Hikmah Posted on : Rabu, 23 Maret 2016

Foto: kpop-map.com

Saat ini, sistem kuliah online bisa menjadi alternatif untuk kita. Terutama jika setamat SMA kita langsung bekerja dan berniat untuk melanjutkan kuliah sambil tetap bekerja. Atau jika kita punya banyak aktivitas yang enggak memungkinkan untuk datang kuliah setiap hari. Sebelum memutuskannya, berikut 7 hal yang harus diperhatikan saat akan kuliah online.

 

(Baca juga: 7 Mitos Salah Tentang Kuliah Online Yang Harus Kita Tahu)

 

Sistem Belajar & Ujian

Karena sistemnya yang berbeda dengan kuliah biasa yang kita kenal selama ini, makanya penting untuk mencaritahu seperti apa sistem belajar dan ujian yang ditetapkan oleh universitas tersebut. Dan, satu universitas memiliki sistem yang berbeda dibanding universitas lain. Misalnya Binus yang hanya mengadakan pertemuan dua kali dalam satu semester, atau Universitas Mercubuana yang menggabungkan sistem kuliah online dengan kuliah biasa, atau Universitas Terbuka yang keseluruhan proses belajar berlangsung online, tapi ujian berlangsung tertulis dan pihak kampus bekerjasama dengan institusi tertentu di kota kita sebagia tempat diadakannya ujian.

 

Perhatikan Jam

Entah kita kuliah di Indonesia atau di luar negeri, jam harus diperhatikan. Tentunya, kita harus menyesuaikan jam dengan tempat universitas tersebut berada. “Karena mengikuti jam di London, kadang kuliahnya dimulai tengah malam,” ungkap Nesha, mahasiswa jurusan Natural Science di Open University, London. Begitu juga dengan mengumpulkan tugas. Perhatikan deadline yang diberikan dan sesuaikan dengan perbedaan waktu. Jangan sampai kita kehilangan nilai atau skip kelas karena enggak memperhatikan perbedaan waktu.

 

Akreditasi Kampus

Akreditasi merupakan jaminan kualitas universitas tersebut. Makanya, penting untuk memeriksa akreditasi kampus yang menyediakan kuliah online. Lakukan riset tentang kampus tersebut, termasuk program yang ditawarkan, jurusan yang ditawarkan apakah cocok dengan kita, dan dosen-dosen yang mengajar di sana. Ini bisa menjadi acuan bagi kita dalam memilih kampus yang cocok.

 

(Baca juga: 5 Cara Mencari Jurusan Kuliah Yang Tepat Untuk Kita)

 

Fasilitas Kampus

Meskipun kita kuliah secara online, fasilitas yang disediakan juga harus lengkap. Termasuk, bahan ajar mata kuliah yang disediakan dan software yang mendukung kegiatan perkuliahan. Cari tahu juga apakah kita bisa mengakses buku di perpustakaan atau apakah tersedia perpustakaan online.

 

Komitmen Diri Sendiri

Karena enggak harus masuk kelas setiap hari, rasa malas kadang menghampiri. Godaan untuk bolos terasa berat. Karena itulah, penting banget untuk membuat komitmen dengan diri sendiri. Tanyakan kepada diri kita, apakah kita sanggup menjalani sistem perkuliahan seperti ini? Perhatikan juga kesibukan kita saat ini, apakah memungkinkan untuk kuliah online? Untuk mengatasinya, kita bisa menekankan pada diri sendiri bahwa kita ikut kuliah ini untuk belajar, jadi kita harus membuang jauh-jauh ras amalas itu.

 

Bandingkan Beberapa Universitas

Setiap universitas pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Karena itu, lakukan survey terhadap beberapa universitas sekaligus sebelum memutuskan akan kuliah di mana. Setelah itu, bandingkan setiap kelebihan dan kekurangan tersebut serta sesuaikan dengan yang ktia butuhkan.

 

(Baca juga: 6 Cara Sukses Dapat Beasiswa Pertukaran Pelajar)

 

Biaya Kuliah

Biaya juga harus diperhatikan. Selain memperhatikan biaya kuliah, kita harus perhatikan juga biaya tambahan lainnya, seperti harga buku, harga ujian, dan biaya administrasi lainnya. Cari tahu juga apakah universitas tersebut mengembalikan sebagian uang kuliah jika ternyata kita enggak menyelesaikan kuliah di sana.

 

(Foto: kpop-map.com)

author :

Ifnur Hikmah

Writing. Reading. Eating. And Fangirling. Reporter di KaWanku sejak 2013. Pernah interview Charli XCX dan telepon-teleponan dengan Troye Sivan. Paling senang ketika ketemu dan interview GOT7, terutama JB dan berharap bisa ngobrol sama SHINee

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN