7 Cara Supaya Enggak Tertipu Saat Belanja Online

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 5 Oktober 2015

7 Cara Supaya Enggak Tertipu Saat Belanja Online

Sekarang, enggak perlu repot-repot lagi pergi ke toko buat beli sesuatu. Cukup dengan internet, udah bisa berbelanja. Walau gampang, kita harus hati-hati, soalnya modus kejahatan juga ikut berkembang. Penipuan melalui online shopping juga banyak banget. Simak, deh, 7 cara supaya enggak tertipu saat belanja online, ini.

 

(Baca juga: 4 Jenis Toko Online yang Perlu Kita Tahu)

 

Website terpercaya

Sebelum memulai berbelanja online, cari tahu dulu, dimanakah website jual-beli yang terpercaya. Coba browsing dengan seksama. Pelajari, bagaimana cara kerjanya.

 

Ada banyak e-commerce yang punya jaringan internasional  dan diakui keamanannya bisa jadi pilihan. Ebay adalah salah satu produk internasional yang sudah masuk ke Indonesia. Ada juga jd.id yang merupakan jaringan dari jd.com, commerce ternama dari negeri China.

 

mHindari harga yang terlalu miring

Jangan terlalu tergiur dengan harga yang terlalu miring atau murah, karena harga yang terlalu murah itu patut dicurigai. Soalnya harga pasti sesuai dengan kualitas, dan nggak mungkin seorang penjual menjual barangnya terlalu murah, karena jelas-jelas itu akan merugikan mereka, Hal ini yang patut diwaspadai sekali di commerce berbentuk marketplace. 

 

(Baca juga: 7 Situs Jual Beli Online Paling Eksis di Dunia)

 

Kenali produk

Kalau ingin membeli suatu produk, sebaiknya browsing dulu mengenai produk yang ingin dibeli. Agar kita lebih mengenal tentang produk tersebut, dan apa saja kelengkapan yang disertakan oleh produk tersebut jika kita membelinya. Jd.id, memberikan informasi lengkap seputar sebuah produk. Mulai dari spesifikasi, foto produk dan kelengkapannya, untuk jadi bahan perbandingan. Sehingga pembeli bisa mencocokkannya dengan info yang didapat di luaran.

 

COD (cash on demand)

Singkatan yang sering digunakan anggota forum ketika seorang pembeli ingin bertemu dengan penjual. Jadi COD ini adalah kegiatan tranksaksi secara langsung di suatu tempat antara pembeli dan penjual. Cara ini merupakan cara paling aman agar gak ketipu kalau berbelanja online di forum. Jika seorang penjual nggak bisa atau gak mau diajak COD, maka kamu patut curiga kalau penjual tersebut adalah penipu.

 

(Baca juga: Barang-Barang Yang Beresiko Gagal Kalau Beli Lewat Online Shop)

 

Rekber (rekening bersama)

Rekber adalah salah satu jasa sebagai perantara pembeli dan penjual di forum jual beli ataupun situs commerce classified. Jadi dengan adanya rekber, tindak penipuan bisa diminimalisir. Karena dengan adanya rekber, uang yang ditransfer akan ditahan oleh pihak rekber, sehingga nggak langsung sampai ke penjual sampai barang yang kita beli diterima. Maka dari itu, sebaiknya gunakanlah rekber untuk melakukan transaksi online, tapi carilah juga jasa rekber yang terpercaya. 

 

Kenali penjual

Lagi-lagi tips untuk belanja di commerce jenis classified maupun forum jual beli. Di sini perlu ada sedikit skill kepo (knowing every particle things). Sebelum membeli produk, baiknya kalau kita mencari tahu asal usul si penjual tersebut. Bagaimana barang jualannya, websitenya, testimonialnya, reputasinya dan lain-lain. 

 

Apalagi kalau penjual yang masih newbie atau yang belum ada reputasi/testimonial, sebaiknya anda lebih berhati-hati, karena informasinya pasti sangat sulit untuk dicari. Jika nggak mau repot, beralih saja ke commerce terpercaya. Karena, reputasinya sudah dikenal, dan bisa dimintai pertanggungjawabannya.

 

(Baca juga: Tips Belanja Lewat Online Shop Buat Pemula)

 

Simpan bukti pembayaran, email dan SMS

Sebaiknya, setelah melakukan transaksi, entah itu melalui transfer ataupun kartu kredit, akan   ada bukti pembayaran melalui email. Simpan bukti pembayaran tersebut  baik-baik. Agar bisa jadi acuan saat terjadi apa-apa di pengiriman. Untuk yang hobi belanja di classified maupun fjb, sama saja. 

 

Simpan bukti transfer kita beserta email dan SMS antara kita dan penjual. Jadi, jika terjadi sesuatu yang gak diinginkan (ditipu), maka kita bisa memberikan bukti tersebut kepada pihak berwajib (polisi) untuk menangani masalah tersebut.

 

Semoga setelah membaca 7 cara supaya enggak tertipu saat belanja online ini, belanja online teman-teman bisa lebih menyenangkan!

 

(Baca juga: Kesalahan Ketika Belanja Online)

 

(foto: giphy.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN