7 Cara Melawan Rasa Malas

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 29 April 2014

7 Cara Melawan Rasa Malas

Salah satu kebiasaan buruk yang menghambat kesuksesan adalah rasa malas.  Kebiasaan ini manusiawi banget tapi kalau kita mau maju sifat ini harus kita lawan.  Kebiasaan membiarkan rasa malas terus ada juga membuat hidup kita enggak sehat. Jadi mulai dari sekarang rasa malas itu harus dilawan.

 

Mulai dengan kalimat positif

Semakin sering kita bilang malas, semakin malas juga otak kita bekerja. Jadi pertama-tama kita harus menyemangati diri dengan kalimat positif.  Ayooo semangat! Ini kalimat sederhana yang bisa membuang rasa malas. 

 

Bikin prioritas

Rasa malas terjadi karena begitu banyak yang harus kita kerjakan, sampai bingung harus memulai dari mana. Cara paling sederhana adalah membuat daftar prioritas mana yang harus dikerjakan. Daftar ini bisa kita bagi berdasarkan bulan, minggu dan hari.

 

Mulai dari hal kecil

Kalau kita punya rencana besar, terus tiba-tiba berhenti ditengah jalan karena malas, duuuh sayang banget. Sebaiknya kita mulai dari hal kecil. Misalnya mau jago main gitar lagu One Direction. Kita mulai dari belajar lagu-lagu dengan kord simpel, sebelum lagunya One Direction.

 

Dengarkan lagu-lagu yang semangat

Lagu-lagu penuh semangat bisa meningkatkan energi dan membuat lebih bersemangat. Bikin deh playlist yang isinya lagu-lagu favorit berirama upbeat. Boleh lho kita mengerjakan tugas sambil bernyanyi-nyanyi.

 

Bersihkan sekeliling

Kamar yang berantakan, meja penuh sampah dan buku-buku, membuat kita makin malas. Jadi kalau mau belajar dan mulai mengerjakan sesuatu bersihkan dulu sekeliling kita. Boleh pasang aromaterapi biar makin wangi dan semangat.

 

Ajak teman

Kalau kerja sendiri bikin depresi dan terasa berat, kita bisa ajak teman untuk bersama-sama melakukannya. Bisa juga bagi-bagi beban pekerjaan biar makin cepat selesai tugas kita.

 

Tidur dan makan yang cukup

Malas bisa jadi karena kita merasa lelah.  Kalau ini masalahnya kita perlu memperbaiki pola tidur dan makan. Tidur minimal delapan jam dan makan sehari tiga kali. Kalau mendekati musim ujian dan waktu tidur kurang, kita harus memperbanyak makanan sehat dan bergizi. Konsumsi vitamin dan buah-buahan agar tetap berenergi.

(muti, foto: win4edu.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN