7 Aturan di Socmed Supaya Enggak Kena Masalah

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 31 Agustus 2014

7 Aturan di Socmed Supaya Enggak Kena Masalah

Girls, tahu dong beberapa kasus pemilik akun socmed yang akhirnya kena masalah karena posting-annya di socmed? Enggak mau dong, mengalaminya juga? Simak 7 aturan di socmed supaya enggak kena masalah.

 

(Baca juga: 5 Etika di Media Sosial)

 

Pakar IT dan Medsos,  Nukman Luthfie, dalam website pribadinya, Sudutpandang.com, menyebutkan beberapa aturan penggunaan Twitter (yang juga bisa diterapkan pada media sosial lainnya). Berikut beberapa tips jitu agar pernyataan-pernyataan kita di socmed enggak membawa masalah di kemudian hari.

 

  • Pada Twitter, twit kurang dari 140 karakter. Sebaiknya enggak usah lebih panjang, meski bisa dibaca menggunakanTwitlonger.

 

  • Jika hanya satu yang bertanya di Twitter untuk satu topik, cukup dijawab dengan fasilitas "Reply", bukan "RT". Jawaban dengan "RT" sebaiknya dilakukan jika yang bertanya sangat banyak dan jawaban tersebut ditujukan untuk semua penanya.

 

 

  • Berinteraksilah denganfollower. Janganngomongsendiri. Twitter bukan medium satu arah, bukan pula dua arah, tapi multiarah.

 

  • Jangan menggunakan huruf besar semua nanti dikira kita marah-marah.

 

  • Jangan mem-followorang agar kita di-folback, lalu setelah itu kitaun-followmereka.

 

 

  • Enggak perlu memaksa memintafolback, karena Twitter bukan jejaring pertemanan seperti Facebook.

 

  • Banyak-banyaklah berbagi hal positif kefollower, seperti berbagi ilmu, keceriaan, juga kesempatan.

 

(Baca juga: 10 Panduan Menggunakan-media-sosial)

 

Maka, pada prinsipnya, kita boleh melakukan apa saja di Twitter asal enggak melanggar aturan-aturan di atas. Ingat, meski sifatnya pribadi, akun kita bukanlah milik kita sepenuhnya. Pengelola Twitter bisa saja menutup akun kita jika dalam penggunaannya kita melanggar aturan.

 

Jadi, jika ada yang bertanya, bolehkah mengeluh dan memaki-maki di Twitter? Nukman menngatakan, boleh.  Bolehkah pamer di Twitter? "Boleh saja."  Bolehkah jualan di Twitter? "Tentu saja boleh." Bolehkah berantem alias twitwar  di Twitter? "Boleh. Siapa yang melarang?"  Boleh pacaran di Twitter? "Halah , boleh, boleeeeeeh."

 

Sekali lagi, semua boleh asal enggak melanggar aturan yang sudah ditetapkan.

 

(Baca juga: Tips PDKT via Twitter)

 

(ester/tabloidnova.com, foto: gurl.com, says.com, urbanenzo.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN