6 Tips Memilih Jurusan Kuliah

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 21 Januari 2015

6 Tips Memilih Jurusan Kuliah

Yang satu ini bisa bikin galau lebih-lebih dari mantan. Jangan dulu stress, dipikirin aja pelan-pelan. Siapa tahu 6 tips memilih jurusan kuliah ini bisa bantu kamu!

 

(Baca juga: Seleb Pintar Yang Kuliah di Kampus Terkenal)

 

Cari informasi sebanyak-banyaknya

Kadang, kita enggak kepikiran mau memilih jurusan apa karena enggak tahu ada jurusan kuliah apa aja sih di luar sana. Masuk dong, ke berbagai website universitas yang kamu cita-citakan buat nyari tahu. Bisa juga bertanya sama kakak atau senior yang udah kuliah.

 

Sesuai dengan cita-cita

Cita-cita kamu apa? Kalau ingin masuk ke dunia media massa, kamu bisa kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi, misalnya. Walaupun cita-cita kamu enggak umum, jangan langsung dilupakan hanya karena tren sesaat. Ketika kita mengejar cita-cita akan beda hasilnya dengan sekedar kuliah untuk dapat gelar.

 

(Baca juga: Cari Beasiswa Kuliah di Korea)

 

Sesuai dengan kemampuan

Kalau sudah tahu betul apa cita-cita kita, saatnya reality check, sesuai enggak sama kemampuan kita. Enggak mungkin mau ambil pendidikan calon pramugari kalau tinggi badan enggak mencukupi. Atau mau ambil jurusan arsitek tapi nilai matematika kita jauh di bawah standar.


Cari informasi mengenai lapangan kerjanya

Enggak semua yang kuliah bener-bener mempertimbangkan setelah lulus mau kerja apa. Kalau kamu termasuk yang mempertimbangkan, coba cari tahu, lulusan jurusan yang kamu minati itu nanti banyak kerjanya di mana jadi apa. Jangan sampai masuk jurusan Akuntansi padahal sama sekali enggak pengen jadi akuntan.

 

Bicarakan dengan orangtua

Kecuali dapat beasiswa penuh, orangtua yang akan membiayai kuliah kita. Jadi, harus diobrolin nih soal jurusan dan universitas yang kita pilih. Kalau kita pengen jadi dokter tapi enggak dapat beasiswa dan orangtua enggak sanggup membiayai? Cari jalan tengahnya. Mungkin kita bisa mati-matian cari beasiswa, atau memilih pendidikan lain yang biayanya masih masuk pertimbangan orangtua.

 

Alternatif pilihan

Bikin daftar jurusan kuliah apa aja sih yang mungkin kita minati. Bisa dari tiga sampai sepuluh. Urutkan sesuai minat kita. Jadi, kalau ada satu jurusan yang ternyata enggak bisa kita masuki, masih ada sembilan lainnya sebagai alternatif pilihan. Selamat memilih!

 

(Baca juga: Tips Memperjuangkan Keinginan Kita Di Depan Orangtua)

 

(foto: tumblr.com, wifflegif.com, reddit.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN