6 Tips Go Green Sederhana dari Nugie, Musisi dan Aktivis Lingkungan Hidup

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Selasa, 2 Agustus 2016

6 Tips Go Green Sederhana dari Nugie, Musisi dan Aktivis Lingkungan Hidup

Ada banyak cara untuk bisa membantu melestarikan alam. Enggak harus ikut pergi menanam seribu pohon di hutan. Musisi dan aktivis lingkungan hidup Nugie bilang, enggak perlu mencari followers untuk melestarikan alam, tapi semuanya bisa dilakukan jika dimulai dari diri sendiri. Ia menyampaikannya di acara SCG Sharing The Dream pada Senin (1/8). Nah, ini dia 7 inspirasi Go Green ala Nugie, musisi dan aktivis lingkungan hidup. Mau tahu apa aja?

 

Membawa Botol Air Minum Sendiri

Enggak jarang kita melakukan aktivitas di luar rumah. Pergi ke sekolah atau tempat lainnya. Mengerjakan pekerjaan rumah atau melakukan kegiatan lain. Enggak jarang juga kita sering banget terkena dehidrasi yang akhirnya membuat kita harus minum air. Nah, situasi seperti ini bisa diatasi dengan selalu membawa minum sendiri. Tapi dengan syarat enggak mencemari lingkungan. Jalan satu-satunya enggak beli minum kemasan. Kita bisa membawa botol air minum sendiri agar lingkungan sekitar terjaga karena bebas dari limbah plastik dari air minum kemasan. Selain membantu melestarikan lingkungan, juga bisa irit uang jajan kita, lho.

 

Membawa Kantong Belanja Sendiri

Ada tugas besar untuk kita yang hobi berbelanja, nih. Sadar enggak kalau ternyata enggak cuma satu plastik saja yang kita konsumsi ketika berbelanja? Jika satu orang mengonsumsi 10-15 plastik, kebayang enggak berapa lama plastik-plastik tersebut baru bisa terurai?

 

Tapi enggak perlu khawatir, girls. Kita tetap bisa berbelanja seru dengan cara lain, yaitu membawa kantong belanja sendiri dari rumah. Kantong belanja kita juga bisa diganti dengan kantong belanja berbahan karung goni atau bahan kain lainnya. Ini makin membuat kita jauh dari pencemaran lingkungan karena kantong belanja dari karung goni bisa dicuci lalu dipakai kembali, deh.

 

Memanfaatkan Transportasi Publik

Pencemaran udara udah bukan lagi hal baru, terutama untuk orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan. Kejadian ini disebabkan banyaknya penggunaan kendaraan pribadi. Girls, selain berdampak terhadap lingkungan, banyaknya penggunaan kendaraan pribadi juga faktor utama terjadinya kemacetan di mana-mana. Hal seperti itu ternyata bisa diatasi, lho. Salah satunya dengan cara memanfaatkan transportasi publik yang sudah disediakan oleh pemerintah. Pernah lihat di kaca bus umum ada tulisan Ayo Naik Bus? Itu adalah sebuah teguran untuk kita, girls. Yuk! Naik transportasi publik.

 

Mengurangi Pemakaian BBM

Cara satu ini yang akan menjadi dasar utama pencemaran bisa ditangani, lho. Semua peralatan yang digunakan untuk membantu manusia sehari-hari menggunakan BBM. Mulai dari peralatan untuk memasak hingga kendaraan bermotor yang sering kita pakai menggunakan BBM. Kita sekarang bisa mencoba untuk mengurangi pemakaian BBM itu dari kebutuhan sehari-hari kita. Apa saja yang bisa kita batasi pemakaiannya? Penggunaan kendaraan pribadi, seperti mobil dan motor itu bisa menjadi salah satu kebutuhan dengan BBM yang kita kurangi pemakaiannya. Selain itu, stop penggunaan kendaraan pribadi juga membantu kita terbiasa untuk naik transportasi umum atau juga bersepeda, girls. Coba  Dengan begitu akan membantu aksi Go Green kita lebih efektif, kan?

 

Daur Ulang Sampah

Limbah sampah di rumah pasti banyak banget , kan? Enggak ada salahnya kita coba untuk mendaur ulang sampah di rumah. Enggak perlu melakukan daur ulang sampah yang tingkat kesulitannya tinggi. Kita bisa coba mendaur ulang kertas-kertas bekas menjadi sebuah kerajinan atau barang yang berguna lagi. Kita juga bisa mencoba mendaur ulang limbah-limbah sampah kecil lainnya, seperti limbah makanan, lho.

 

Tertarik untuk mencoba, girls? Yuk! Memulai Go Green dari diri kita sendiri. (annisa)

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN