6 Pertanyaan Yang Paling Sering Muncul Di Benak Remaja Soal Passion

Published by : Ifnur Hikmah Posted on : Rabu, 20 April 2016

Foto: idealistivcareer.org

Ada banyak pertanyaan yang muncul di benak kita terkait dengan passion. Terlebih, di usia remaja, kita belum terlalu mengerti sebenarnya apa, sih, passion itu? Tenang girls, karena kita enggak sendirian. Banyak juga remaja yang masih bertanya-tanya tentang passion. Setidaknya ada enam pertanyaan yang paling sering muncul di benak remaja soal passion.

 

(Baca juga: 10 Tanda Kalau Kita Sudah Menemukan Passion)

 

1. Apa, sih, passion itu?

 

Mungkin enggak semua kita tahu apa itu passion. Menurut psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjaja, Psi, “passion itu pada dasarnya aktivitas atau bidang yang kita enggak pernah bosan atau lelah untuk melakukannya dan membicarakannya. Kita selalu tertarik untuk belajar hal baru yang berkaitan dengan bidang tersebut.”

 

Sedangkan psikolog Ellen Isabella Wirya, M.Psi., Psikolog dari Tes Bakat Indonesia, menyebutkan bahwa passion erat kaitannya dengan emosi kuat yang kita rasakan terhadap seseorang atau sesuatu dan emosi tersebut mengarahkan kita pada perasaan senang atau puas ketika menjalankan bidang tertentu.

 

 

2.Bagaimana passion muncul, dipengaruhi oleh hal apa?

Salah satu hal yang mempengaruhi kita dalam mengetahui passion adalah hobi. “Karena hobi merupakan kegiatan yang dapat mendatangkan rasa senang. Jika hobi diarahkan dengan baik dan dilaksanakan secara produktif, mungkin saja hobi akan bertransformasi jadi passion,” jelas Ellen.

 

Ellen menambahkan, pengalaman juga berperan dalam menentukan passion. “Biasanya, di usia remaja, kita tertarik mencoba banyak kegiatan, bisa melalui kegiatan di sekolah atau komunitas, kegiatan yang ditemui lewat paparan media, atau ajakan teman. Jika dijalankan dengan tepat, akan mengarahkan pada passion.”

 

3. Apakah passion bisa berubah?

Passion enggak bisa berubah, hanya skala prioritasnya yang berbeda. Kalaupun ada yang berganti profesi, besar kemungkinan profesi yang dijalani selama ini enggak sesuai dengan passion atau passion dikesampingkan terlebih dahulu karena kita mementingkan hal lain.

author :

Ifnur Hikmah

Writing. Reading. Eating. And Fangirling. Reporter di KaWanku sejak 2013. Pernah interview Charli XCX dan telepon-teleponan dengan Troye Sivan. Paling senang ketika ketemu dan interview GOT7, terutama JB dan berharap bisa ngobrol sama SHINee

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN