6 Pertanyaan Penting Untuk Diri Sendiri Sebelum 2014

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 10 Desember 2013

6 Pertanyaan Penting Untuk Diri Sendiri Sebelum 2014

Menjelang tutup tahun dan menyambut tahun baru 2014, kita sering bikin resolusi atau rencana baru untuk setahun ke depan. Sebelum bikin banyak rencana, sebaiknya kita perlu bertanya pada diri sendiri beberapa hal biar enggak mengulang kesalahan dan selalu bersyukur atas apa yang terjadi selama 2013.

 

Apa hasil yang bisa aku banggakan tahun ini?

Pertanyaan ini penting, untuk menambah rasa pede kita. Walau kecil pasti ada hal yang membuat kita bangga pada diri sendiri. Bisa itu prestasi, perubahaan sikap atau pujian yang kita terima dari orang lain. Hal yang bisa dibanggakan ini sebaiknya kita pertahankan untuk tahun depan ya.

 

Kapan aku merasa stuck atau kehabisan ide?

Badan itu seperti mesin. Ada kalanya kehabisan bensin dan enggak bisa bergerak. Ayo, coba ingat-ingat kapan kita mengalami hal seperti itu. Enggak bisa mikir, enggak punya ide dan selalu merasa lemas? Apakah ini terjadi saat menjelang menstruasi? Saat kita lupa sarapan?  Kalau sudah bisa tahu kapan terjadinya, untuk tahun tahun harus bisa kita antisipasi. Misalnya, ini sering terjadi saat seminggu sebelum menstruasi. Artinya sebelum itu kita harus rajin makan vitamin, minum juice agar saat menstruasi kita tetap semangat dan enggak lemas.

 

Gimana aku menghabiskan waktu luang?

Okay, waktu 24 jam kadang enggak cukup untuk mengerjakan semua tugas sekolah, les dan ekskul. Belum lagi waktu yang dihabiskan di jalan dari rumah ke sekolah atau ke tempat les. Tapi sesulit apa pun, kita harus tetap menyediakan waktu luang. Me time itu penting. Seperti mengisi ulang batere dalam tubuh kita. Enggak perlu yang mewah dan lama-lama. Lima menit pun bisa kok. Yang penting,ada waktu santai di saat sibuk .

 

Gimana kondisi keuangan?

Hayooo coba cek pengeluaran kita selama sebulan? Selalu merasa kekurangan uang? Tahun depan kita harus lebih pintar mengatur keuangan. Jangan lupa menabung. Bikin deh buku catatan pengeluaran. Tahan diri jangan nongkrong di mall, biar enggak belanja tanpa rencana.

 

Siapa yang perlu aku maafkan?

Punya musuh itu enggak enak lho. Bikin capek fisik dan pikiran. Sudah saatnya kita memaafkan teman kita, sebesar apa pun kesalahannya.


Apa kebiasaan buruk dan kebiasaan baik aku?

Yang pasti yang buruk harus makin dihilangkan dan yang baik harus tetap dipertahankan.

 

(muti, foto: merlinwrites.com)

 

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN