6 Pertanyaan Buat Si Pecandu Sosmed

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 2 Mei 2013

6 Pertanyaan Buat Si Pecandu Sosmed

Sosial media (sosmed) emang  banyak manfaatnya dan seru banget. Tapi kalau udah kecanduan banget, gawat juga! Enggak jarang sosmed sering bikin kita lupa waktu dan mager alias males gerak. He-he-he. Sering kita seharian membalas update-an teman-teman. Atau, gelisah banget kalau sehariii aja enggak update di sosmed. Rasa menyesal dan enggak enak tiap abis berkutat lama di sosmed enggak pernah absen dari kehidupan sehari-hari. Udah enggak terhitung deh berapa kali kita ngeluh, bingung dan ngomong sendiri "Ih, ngapain aja sih aku daritadi? Aku 'kan harusnya siap-siap berangkat les!"

 

Yap, ini indikasi kecanduan sosmed kita udah enggak menguntungkan. Hmm... kalau begitu, saat kita menggenggam gadget dan siap meng-update sesuatu, ada beberapa pertanyaan yang perlu kita tanya ke diri sendiri :

 

1. Penting enggak sih aku nge-share ini? Apa ini bernilai atau ada manfaatnya buat diri sendiri atau orang lain ya?

2. Bisa enggak aku nge-share ini lain kali? Soalnya aku harus fokus sama apa yang lagi aku kerjakan sekarang nih! Besok tugas biologi harus dikumpulin soalnya!

3. Apa aku ngerasa bosan ya? Ada enggak hal lain yang lebih bermanfaat yang bisa aku lakukan buat mengatasi rasa bosan?

4. Apa aku buka sosmed gara-gara enggak pengin mengerjakan tugas wajib atau karena enggak mau mengatasi masalah yang lagi aku hadapi ya?

5. Apakah aku ngerasa kesepian? Apa aku udah ngobrol sama mama dan papa hari ini ya?

6. Apakah aku takut banget ketinggalan gosip atau update-an terbaru? Emang apa pentingnya itu buat aku ya?

 

Pertanyaan-pertanyaan ini sebenarnya kita sendiri yang paling tahu jawaban sebenar-benarnya. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu sebelum main sosmed, semoga kita enggak kesal sama diri sendiri lagi ya!  

 

(dea, foto: weheartit.com)

 

Tags : sosmed

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN