6 Penyebab Rasa Sakit pada Payudara

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 14 Januari 2015

6 Penyebab Rasa Sakit pada Payudara

Pernah merasakan nyeri di payudara, girls? Setidaknya ada 6 penyebab rasa sakit pada payudara. Apa saja?

 

(Baca juga: 5 Cara Mencintai Payudara Sendiri)

 

Pengaruh hormon
Sakit pada payudara terjadi karena perubahan hormonal atau ketidakseimbangan dalam tubuh. Siklus menstruasi, kehamilan, dan menopause adalah penyebab umum perubahan hormonal pada cewek. Umumnya rasa sakit pada payudara bisa disebabkan karena berkurangnya hormon estrogen pada tubuh cewek.

 

Bra terlalu ketat
Memakai bra terlalu ketat juga dapat menyebabkan rasa sakit pada payudara. Karena bra yang ketat enggak memberikan ruang payudara untuk bernapas. Atau bisa juga masalah ini terjadi sama cewek yang payudaranya sedang bertumbuh dan ia enggak mengahuinya.

 

(Baca juga: 9 Keuntungan Punya Payudara Kecil)

 

Enggak memakai bra saat olahraga


Beberapa cewek lebih suka enggak memakai bra saat di rumah, termasuk juga saat olahraga di rumah. Padahal ini adalah cara yang salah untuk berolahraga. Karena tanpa bra, enggak ada yang menopang payudara ketika kitaa melakukan berbagai gerakan dan itu bisa jadi penyebab rasa sakit pada payudara.

 

Kafein berlebih
Menurut laporan kesehatan, cewek pecandu kafein cenderung merasakan sakit pada payudara. Karena pada dasarnya kafein memang enggak baik untuk kesehatan, apalagi dikonsumsi dalam jumlah banyak. Jadi, jika payudara terasa sakit, mungkin kita perlu mengurangi asupan kafein.

 

(Baca juga: Rahasia Payudara Sehat Untuk Remaja Cewek)

 

Efek samping Obat


Nyeri pada payudara kita juga bisa disebabkan oleh efek samping yang disebabkan oleh obat-obatan. Beberapa obat memiliki dampak buruk pada produksi hormone estrogen dalam tubuh. Padahal hormon ini penting untuk fungsi payudara agar tetap baik. Kalau merasa sakit pada payudara, cobalah cek obat-obatan yang sedang kita minum saat itu apakah memiliki efek samping.

 

Kista
Apakah merasa ada benjolan pada payudara? Kalau benjolan ini disertai rasa sakit, kita mungkin perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena bisa jadi itu adalah kista yang menyebabkan payudara terasa sakit. Bahayanya lagi, kista juga bisa berkembang menjadi kanker, maka harus diobati sesegera mungkin. (Sumber: boldsky.com)

 

(Baca juga: 3 Alasan Payudara Kecil Lebih Sehat)

 

(axel/intisari-online.com, foto: tumblr.com)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN