6 Mitos Tentang Sifat Orang Introvert Yang Enggak Benar

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Selasa, 19 Januari 2016

6 Mitos Tentang Sifat Orang Introvert Yang Enggak Benar

Pendiam, pemalu, enggak gaul itu pasti introvert? Belum tentu. Ada 6 mitos tentang sifat orang introvert yang enggak benar, lho, girls! Simak, deh.

(foto: collegeinfogeek.com)

 

(Baca juga: 5 Keuntungan Jadi Cewek Pemalu)  

 

"Semua orang introvert itu pemalu dan semua orang pemalu itu introvert."

Susan Cain, penulis buku Quiet: The Power of Introverts in a World That Can't Stop Talking bilang, Bill Gates itu introvert tapi dia bukan pemalu. Dia lebih suka sendirian dan membaca buku tapi tidak malu kalau harus tampil di depan umum. Banyak orang introvert enggak punya sifat pemalu. Mereka percaya diri dan nyaman di antara orang lain. Tapi membutuhkan waktu untuk memulihkan energinya, sendirian. Rasa malu dan enggak nyaman di suasana sosial itu sifat yang belum pasti dimiliki semua orang introvert miliki.

 

"Orang introvert enggak suka bergaul."

boredbug.com

Orang introvert memang suka lebih banyak menghabiskan waktu sendirian. Tapi bukan berarti mereka enggak suka manusia lain. Kalau lagi hangout rame-rame, orang introvert cenderung duduk di pojok ruangan dan ngobrol mendalam dengan satu orang. Yang extrovert mungkin melihatnya kayak enggak seru dan enggak menikmati kegiatan bersama itu. Padahal bagi orang introvert, ada di sana, ngeliatin yang lain, bisa ngobrol banyak sama teman yang memang cocok itu menyenangkan banget. Jadi, orang introvert juga suka punya hubungan dengan orang lain, tapi dengan cara yang berbeda dengan extrovert.

 

(Baca juga: Yuk Jadi Teman Ngobrol Yang Asik)

 

"Orang introvert enggak bisa jadi pemimpin."

(foto: gurl.com)

Orang introvert cuma bisa sukses di belakang layar atau mengerjakan pekerjaan di ruangan sepi dan sendirian? Menurut penelitian yang dirilis washingtonpost.com, baik introvert atau extrovert punya kemungkinan yang sama besar untuk jadi pemimpin. Bukan cuma jadi pemimpin, introvert juga bisa jadi pembicara dan penjual yang handal. Malah, introvert bisa jadi  pembicara yang lebih baik dari extrovert. Karena introvert cenderung akan mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum tampil di depan umum.

 

"Introvert punya banyak sifat buruk."

(foto: pinterest.com)

Karena lebih suka sendirian, beredar mitos soal introvert bahwa mereka punya banyak sifat buruk. Enggak bisa bergaul, pemurung, pendendam, pemalas, dan lain sebagainya. Sebenarnya ini muncul dari pola pikir extrovert yang akan merasa sedih jika enggak bisa menghabiskan waktu dengan orang lain. Sehingga, sendirian terkesan seperti orang yang depresi. Tapi bagi introvert, sendirian enggak selalu membuatnya merasa kesepian.

 

(Baca juga: 7 Alasan Cowok Lebih Suka Dan Tertarik Cewek Pendiam Dan Misterius)

 

"Introvert lebih pintar dan kreatif dari extrovert."

(foto: huffingtonpost.com)

Karena banyak pemikir terkenal itu introvert, mitosnya introvert lebih pintar dan kreatif dari extrovert. Kenyataannya baik introvert dan extrovert bisa menghasilkan buah pemikiran dan kreativitas.

 

"Gampang membedakan mana orang introvert mana extrovert"

(foto: gurl.com)

Karena pengaruh lingkungan dan motivasi diri sendiri, banyak orang introvert yang terlihat seperti extrovert di depan umum. Jadi sebenarnya enggak segampang itu membedakan mana yang introvert dan mana yang extrovert. Hanya karena seseorang pendiam, belum tentu dia introvert. Seorang introvert bisa jadi orang yang seru banget ketika hangout, tapi dia akan membutuhkan waktu lama untuk memulihkan energinya dengan sendirian. Cari tahu seberapa introvert kamu dengan quiz box ini, deh. (Sumber: huffingtonpost.com)

 

(Baca juga: 10 Seleb Cewek Yang Mengaku Dirinya Cewek Introvert)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN