6 Manfaat Kedelai Hitam Untuk Kesehatan

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 25 Juni 2015

6 Manfaat Kedelai Hitam Untuk Kesehatan

Bukan hanya kedelai kuning yang biasa kita santap yang bagus buat tubuh. Saudara kedelai kuning yang biasa diolah menjadi tahu, tempe, dan lainnya ini juga menjanjikan banyak manfaat. Apa aja? Ini dia 6 manfaat kedelai hitam untuk kesehatan.

 

(Baca juga: Manfaat Kedelai untuk Kecantikan)


Sumber protein nabati

Karena kaya gizi, kedelai hitam bisa dijadikan alternatif sumber protein nabati utama.

 

Antioksidan

Bagian dalam kulit  kedelai hitam adalah antioksidan yang potensial buat melindungi tubuh dari penyebab kanker dan penuaan dini.

 

Penurunan kadar kolesterol

Ada kandungan dalam kedelai hitam yang bisa menurunkan kolesterol, mengurangi tekanan darah, bahkan mencegah penyakit jantung coroner. Nama kandungan itu adalah isoflavon, antosianin, dan trigliserida. 

 

Melancarkan pencernaan

Kedelai hitam memiliki serat yang bisa membuat lancar sistem pencernaan tubuh. Sekaligus mengeluarkan zat-zat racun tubuh dan menjadi bahan yang alami untuk mencegah diare.

 

(Baca juga: Manfaat Tahu Kedelai Bagi Kecantikan Kulit)

 

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan bernama peptide dalam kedelai hitam mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan berfungsi melawan berbagai serangan penyakit.

 

Mengurangi kerusakan ginjal

Protein di dalam kedelai lebih mudah diterima oleh ginjal. Sehingga, ginjal enggak perlu bekerja terlalu keras untuk mencernanya. Karena enggak terlalu keras bekerja, ginjal jadi enggak mudah rusak, deh.

 

Biasanya, kedelai hitam hanya dikenal oleh masyarakat luas sebagai bahan dasar pembuatan kecap. Tapi ternyata, kedelai hitam yang mengandung antioksidan antosianin ini bisa diolah menjadi susu.

 

 

Susu kedelai hitam juga telah terbukti secara klinis sangat potensial untuk melindungi sel tubuh dari radikal bebas penyebab kanker dan penuaan dini. Karena alasan ini, Unisoy memunculkan produk instant organic soy milk powder. Produk ini berupa susu dengan bahan dasar kedelai hitam. Mau coba, girls?

 

(Baca juga: 3 Manfaat Susu Kedelai Buat Tubuh Kita)

 

(hani)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN