6 Makanan Yang Ampuh Mengatasi Sembelit

Published by : Aisha Ria Ginanti Posted on : Jumat, 22 April 2016

sumber: eatthis.com

Enggak ada yang bikin kita lebih kesal selain perut terasa mulas, tapi pas duduk di toilet, tetap saja enggak terjadi apa-apa.  Yap, sembelit atau susah buang air besar merupakan gangguan pencernaan yang paling umum terjadi. Mengonsumsi cukup serat merupakan salah satu cara untuk membuat pergerakan usus untuk mencegah sembelit.

"Kita butuh serat dari pola makan untuk membuang sisa makanan ke saluran cerna," kata Sharon Palmer, ahli gizi.  Selain itu, konsumsi cukup air putih untuk membuat tinja lebih lembek sehingga mudah melewati usus besar. Selain itu coba mengonsumsi 6 makanan yang ampuh mengatasi sembelit ini.
 

Baca juga: 6 Akun Instagram Tema Makanan Sehat


Brokoli
Sayuran yang satu ini memang sering masuk dalam daftar makanan yang direkomendasikan. Ini karena brokoli merupakan sumber dari protein, vitamin, juga mineral. Rutin mengonsumsi brokoli juga menyehatkan saluran cerna karena dalam takaran satu cangkir terdapat 5,5 gram serat.
 

Oatmeal

Oat merupakan sumber serat larut yang membantu melarutkan air, membuat tinja lebih lunak dan membuatnya mudah melewati usus. Oatmeal dan serelia utuh lainnya juga meningkatkan volume tinja dan membuatnya bergerak.

 

Baca juga: Makanan Sehat Yang Bisa Membuat Kita Merasa Bahagia

author :

Aisha Ria Ginanti

Reporter di KaWanku sejak tahun 2012.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN