6 Kebiasaan Berbahaya Ketika Menyetir (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 5 November 2014

6 Kebiasaan Berbahaya Ketika Menyetir (Bagian 2)

Tanpa disadari, banyak banget kebiasaan kecil yang sering kita lakukan ketika berkendara, yang justru membahayakan diri kita. Bahkan ada yang bisa menyebabkan kecelakaan fatal yang bisa merengut nyawa kita. Hiii. Ini dia 6 kebiasaan berbahaya ketika menyetir.

 

(Baca juga: Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Pertama Kali Menyetir)

 

Texting while driving

Pada tahun 2013, ada kecelekaan motor yang menyebabkan si pengendara perempuan menabrak truk dan motornya ringsek masuk ke dalam kolong truk. Diketahui bahwa si pengendara ini ternyata sepanjang jalan menyetir dengan satu tangan, sedangkan tangan yang lainnya memegang handphone. Selain menyebabkan kecelakaan, menggunakan handphone ketika menyetir itu bisa menyebabkan terjadinya tidak kejahatan. Enggak mau kan mobil kita dirampok atau handphone kita dijambret oleh orang jahat?

 

Tips! Put your phone down and leave it there. Biasakan taruh handphone kita di tas dan baru boleh dilihat kalau sudah sampai tujuan. Kalau perlu, set handphone kita ke driving mode, ya.

 

(Baca juga: 5 Fakta Penting Soal Texting While Driving)

 

Using earphone cause danger

Ini biasanya dilakukan oleh para pengendara motor. Karena malas mendengar kegaduhan di jalan raya, akhirnya beberapa dari kita memilih mendengarkan lagu dengan menggunakan earphone. Tapi justru ini bisa jadi hal mematikan karena kita jadi enggak tahu keadaan sekitar kita. Kita bisa-bisa enggak mendengar ada mobil yang klakson dari tadi karena meminta jalan. Kecelakaan? Bisa banget terjadi. Duhh...jangan sampai, deh.

 

(Baca juga: Austin Mahone, Aktif Kampanyekan Safety Driving)

 

Chitty and chatty

Biasanya kalau sudah menyetir ditemani oleh teman (atau teman-teman), kita langsung heboh ngobrol. Namanya juga cewek, ngobrol mulai dari soal cowok, gosip, sampai hal sepele pun bisa jadi heboh. Yang jadi kelemahan adalah kalau kita ngobrol terlalu heboh dan jadi enggak memperhatikan jalanan. Bisa-bisa kita enggak tahu kalau lampu sudah berganti jadi merah dan orang-orang sudah mulai menyebrang.

 

Tips! Dari awal beri peringatan ke teman-teman kita untuk enggak ngobrol terlalu heboh. Ingat, kita harus tetap hati-hati, karena ada nyawa lain di dalam mobil ini.

 

(Baca juga: Tips Terhindar dari Kecelakaan Buat New Driver)

 

Wear your glasses

Bagi yang memiliki kekurangan di mata, memakai kacamata ketika berkendara itu penting banget. Karena ketika berkendara penglihatan kitalah yang paling kita andalkan. Jangan sepelekan walau minus atau silindris mata kita kecil. It matters! Terutama ketika kita berkendara di malam hari.

 

Tips! Kalau kita tipe cewek yang enggak suka pakai kacamata di kegiatan sehari-hari, setidaknya sediakan kacamata di laci mobil kita. Jadi, enggak ada alasan untuk lupa pakai kacamata.

 

(Baca juga: 6 Kebiasaan Berbahaya Ketika Menyetir Bagian 1)

 

(audrey, foto: ygladies.com, allkpop.com, mtv.com, tumblr.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN