6 Kebiasaan Berbahaya Ketika Menyetir (Bagian 1)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 5 November 2014

6 Kebiasaan Berbahaya Ketika Menyetir (Bagian 1)

Tanpa disadari, banyak banget kebiasaan kecil yang sering kita lakukan ketika berkendara, yang justru membahayakan diri kita. Bahkan ada yang bisa menyebabkan kecelakaan fatal yang bisa merengut nyawa kita. Hiii. Ini dia 6 kebiasaan berbahaya ketika menyetir.

 

(Baca juga: Kenapa Kita Enggak Boleh Menyetir Sebelum 17 Tahun)

 

Sebagai first time driver atau pengemudi mula-mula, berkendara dengan hati-hati itu sangat penting. Apalagi kalau kita belum menguasai jalanan sepenuhnya. Namun pada kenyataannya, masih banyak dari kita yang melakukan beberapa kebiasaan yang justru membahayakan nyawa kita dan nyawa orang lain juga.

 

Menurut data di Kementrian Perhubungan Indonesia, kecelakaan lalu lintas ada di urutan ketiga penyebab kematian. Bahkan yang lebih mengejutkan adalah, usia pengendara yang mengalami kecelakaan adalah usia produktif, yaitu 22-50 tahun, yang seharusnya lebih aware dengan keselamatan. Untuk menghindari hal tersebut, kita lihat, yuk, apa saja kebiasaan kecil mematikan yang enggak boleh kita lakukan ketika mengendarai motor atau mobil.

 

Sleepy and driving

Kalau kita sudah menyetir dalam waktu yang lama dan jalanan macet, biasanya rasa kantuk suka muncul. Seringnya, ketika mengantuk, kita tetap memaksakan diri untuk menyetir. Inilah yang menjadi bahaya, girls. Enggak jarang juga kasus kecelakaan terjadi karena sang pengemudi mengantuk, lho. Tahun 2013 lalu saja ada 184 kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi karena pengemudinya mengantuk.

 

Tips! Lebih baik, kalau sudah merasa mengantuk, kita menepi dulu sejenak dan tidur selama 15 menit sampai 1 jam. Setelah segar, baru kita melanjutkan perjalanan.

 

(Baca juga: Cool Smartphone Apps for New Driver)

 

It's not a karaoke place

Siapa sih yang enggak suka mendengarkan musik ketika lagi di mobil? Tapi percaya atau enggak, mendengarkan musik kencang-kencang ketika menyetir bisa menyebabkan kecelakaan. Kok bisa? Karena suara musik yang terlalu kencang, kita jadi sulit untuk fokus ke jalanan dan lebih seru dengerin musik.

 

Tips! Atur volume musik supaya enggak terlalu kencang. Dan kalau ada lagu kesukaan kita dan kita pengin ikutan nyanyi, usahakan enggak berlebihan. Kita bisa nyanyi lebih heboh di kamar mandi, kok. Hi-hi-hi.

 

(Baca juga: 6 Kebiasaan Berbahaya Ketika Menyetir Bagian 2)

 

(audrey, foto: ygladies.com, allkpop.com, mtv.com, tumblr.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN