6 Cara Sukses Dapat Beasiswa Pertukaran Pelajar

Published by : Muti Siahaan Posted on : Selasa, 22 Maret 2016

6 Cara Sukses Dapat Beasiswa Pertukaran Pelajar

Bisa sekolah gratis di luar negeri pasti jadi impian kita semua. Kalau orang tua enggak bisa membiayai sekolah keluar negeri, jangan sedih. Kita bisa mencari beasiswa pertukaran pelajar,lho. Namanya aja beasiswa jadi semua kebutuhan sehari-hari dan uang sekolah semua ditanggung oleh pihak penyelenggara. Tapi untuk mendapatkan beasiswa memang sulit karena peminatnya banyak dan enggak semua orang bisa mendapatkannya.

 

Bahasa Inggris

Umumnya pertukaran pelajar dilaksanakan oleh lembaga yang berasal dari Amerika. Walau tidak menutup kemungkinan ada dari negara lain. Makanya penting banget kita untuk menguasai bahasa Inggris. Enggak perlu yang jago banget tapi paling enggak kita bisa berkomunikasi soal percakapan sehari-hari, sehingga memudahkan kita berkomunikasi disana. Mulai dari sekarang latihan dengan berbicara bahasa Inggris dengan teman atau orang tua kita.

 

                Pengetahuan Umum

Penting banget kita punya kemampuan pengetahuan umum secara luas. Mulai dari pengetahuan soal Indonesia, negarayang akan kita datangi atau pun pengetahuan soal kejadian dunia secara menyeluruh. Test beasiswa banyak memunculkan pertanyaan seputar pengetahuan umum. Dari sekarang kita harus rajin membaca koran dan mengikuti perkembangan kondisi sosial- ekonomi dan budaya di negara kita dan di dunia. Kita bisa follow beberapa akun Twitter  koran nasional agar selalu update dengan perkembangan terkini.

 

6 Cara Sukses Dapat Beasiswa Pertukaran Pelajar
Mulai sekarang latihan untuk bikin esai,ya

                  Latihan Bikin Esai

Salah satu komponen penting agar terpilih mendapat beasiswa adalah membuat esai. Esai ini biasanya soal pendapat kita tentang satu tema. Dari esai ini akan ketahuan gimana kemampuan dan pendapat kita.Ayunda Nisa Chaira yang pernah terpilih beasiswa ke Amrik dari Bina Antar Budaya bercerita, saat tes ada pilihan tiga esai yang harus dibuat yaitu;Andai aku jadi kepala daerah, apa yang akan aku lakukan, andai aku jadi orang tua apa yang akan aku lakukandan Andai aku jadi penulis skenario hidupku.

Agar jago bikin esai, rajin-rajin baca opini beberapa ahli yang ada di koran. Biasakan juga mengikuti talk show di televisi yang mencerdaskan seperti Mata Nadjwah. Dari situ otak kita terasah berpikir kritis dan ini akan membantu kita saat harus membuat esai.

 

                 Belajar mandiri

Ketika kita belajar di negeri orang, penting banget melakukan segalanya sendiri dan enggak boleh manja. Mulai sekarang kita harus melatih diri untuk mandiri.Mulai dari membereskan kamar sendiri, belajar mengatur rumah kalau orang tua enggak ada. Hal-hal kecil seperti ini pasti akan sangat berguna dan kebanyakan mereka yang terpilih beasiswa adalah cewek-cewek yang mandiri.

 

6 Cara Sukses Dapat Beasiswa Pertukaran Pelajar
Menguasai salah satu ketrampilan seni itu bisa jadi nilai plus

                Kemampuan seni

Walau enggak wajib tapi boleh banget kita punya kemampuan seni. Sehingga kita punya sesuatu yang bisa ditampilkan. Lebih baik lagi kalau kita menguasai salah satu tarian atau alat musik tradisional. Karena ketika kita terpilih, secara enggak langsung kita jadi duta bangsa.

 

    Persiapkan satu  atau dua tahun

Biasanya yang ikutan program pertukaran pelajar, kita udah duduk bangkuSMA. Dan proses seleksi atau pendaftaraan butuh waktu sekitar 1,5 tahun.Jadi kalau kita ingin ikutan, sebaiknya kita sudah mempersiapkan diri setahun atau dua tahun ya. Cari-cari info aja mulai dari sekarang.

Tags : beasiswa

author :

Muti Siahaan

Suka banget menulis, travelling & yoga. Namaste ^^

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN