6 Cara Praktis Menjaga Kesehatan Vagina

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 2 September 2015

6 Cara Praktis Menjaga Kesehatan Vagina

Bukan hanya dicuci, ada 6 cara praktis untuk menjaga kesehatan vagina kita, girls. Mau tahu apa saja?

 

(Baca juga: 6 Hal Aneh Kita Rasakan Pada Vagina Yang Ternyata Sangat Normal)

 

Senam kegel

Senam ini gerakannya gampang banget. Mirip seperti kita sedang menahan pipis. Tahan selama 30 detik, lepaskan, lalu lakukan lagi. Dengan melakukan senam kegel selama dua menit setiap hari, otot vagina, rectum, kantung kemih, dan usus kecil kita sehat.

 

Sesekali enggak pakai celana dalam

Vagina kita butuh bernapas. Apalagi kalau kita terbiasa pakai celana dalam dan baju yang ketat. Kita bisa sesekali enggak memakai celana dalam, misalnya ketika tidur atau ketika kita seharian di kamar aja dan enggak ada rencana keluar.

 

Makan yogurt

Yoguhrt mengandung banyak bakteri baik yang berguna untuk vagina. Yogurt membantu menjaga keseimbangan pH dan menjauhkan dari infeksi. Pilih yogurt plain dan yang enggak mengandung gula, yah!

 

(Baca juga: 5 Kesalahan Cewek Dalam Menjaga Kebersihan Vagina)

 

Mengonsumsi probiotik

Kalau perut kita enggak tahan sama yogurt, kita bisa menggantinya dengan mengonsumsi probiotik. Tapi jangan sembarangan, coba minta rekomendasi dokter atau orang tua kita.

 

Hindari pembalut yang memgandung pewangi

Bukan hanya pembalut tapi juga panty liners, sabun, atau produk apa pun yang menyentuh vagina kita. Hindari yang mengandung pewangi. Soalnya, ini bisa mengganggu pH balance dan bikin kita merasa enggak nyaman.

 

Celana dalam berbahan katun

Bahan katun paling baik untuk vagina kita. Karena menyerap keringat dan bisa membuat vagina kita tetap bernapas. Usahakan selalu memakai celana dalam berbahan katun. Sesekali, kita boleh memakai celana dalam dari bahan lain.

 

(Baca juga: 6 Tanda Enggak Normal Yang Terjadi Pada Vagina)

 

(foto: tumblr.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN