6 Cara Mengurangi Keram Perut Saat Menstruasi

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 6 Agustus 2014

6 Cara Mengurangi Keram Perut Saat Menstruasi

Saat menstruasi kita sering mengalami keram perut. Duh, enggak enak banget. Keram perut terjadi karena adanya kontraksi otot-otot di rahim saat kita sedang menstruasi. Keram yang dialami tiap orang berbeda-beda. Ada yang ringan, biasa hingga sakit banget.  Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengurangi keram ini.

 

Olah raga

Ada yang malas berolah raga kalau lagi menstruasi? Seharusnya kita malah lebih rajin olah raga kalau lagi dapat. Olah raga bisa membantu tubuh kita melepaskan hormon-hormon endorphins dalam tubuh yang mengurangi gejala keram perut. Pilih olah raga ringan yang memusatkan pada gerakan-gerakan di otot perut. Salah satu yang bisa dicoba adalah yoga, jakaln kaki dan lari.

 

Salmon

Yang perlu diperhatikan juga adalah makanan yang kita pilih saat sedang menstruasi. Salmon adalah salah satu makan yang bisa mengurangi keram perut. Kandungan omega3 yang tinggi bisa membantu mengurangi rasa panas dalam perut.

 

Dark Chocolate

Dark chocolate membantu untuk merilekskan otot-otot termasuk otot dalam perut yang membuat keram perut. Pilih dark chocolate yang mengandung 70% kakao ya.

 

Minum air

Cairan tubuh berkurang lebih banyak saat kita menstruasi. Kekurangan cairan tubuh menyebabkan kita jadi keram dan kembung. Jangan lupa minum air paling enggak 2-3 liter saat sedang menstruasi.

 

Hindari kopi

Nah kalau minum air putih itu wajib, maka saat menstruasi sebaiknya kita menghindari minum kopi. Kopi meningkatkan kadar kecemasan dan tekanan darah jadi lebih tinggi. Ini malah bisa memicu perut jadi keram.

 

Aromaterapi

Untuk merilekskan dan mengalihkan pikiran dari perut keram, kita  bisa menggunakan aromaterapi.  Pilih wangi lavender dan sweet marjoram yang punya efek menenangkan.

 

(muti, foto: awomensclub.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN