6 Cara Menguasai Pelajaran Yang Dibenci

Published by : Muti Siahaan Posted on : Kamis, 25 Februari 2016

6 Cara Menguasai Pelajaran Yang Dibenci

Sebagai pelajaran kadang kita enggak punya pilihan soal pelajaran. Biar pun kita enggak suka dengan satu pelajaran, kita tetap harus membuat PR atau mengerjakan test pelajaran itu.  Kalau enggak, nilai kita jelas dan pastinya secara keseluruhan membuat nilai rapor pun jadi jelas. Ada 6 cara untuk menguasai pelajaran yang dibenci.

 

6 Cara Menguasai Pelajaran Yang Dibenci
Rajin-rajin membuka buku latihan,ya

Metoda alternatif

Sering terjadi, waktu kelas satu kita suka banget pelajaran biologi. Tapi kelas dua jadi enggak suka. Bisa jadi karena gurunya membuat kita jadi enggak semangat lagi. Kalau kita mengalami kasus ini coba deh belajar dengan cara lain yang  berbeda dengan yang diajarkan guru kita. Cari buku latihan soal, belajar dengan teman atau kakak kelas.

 

Tambahkan  waktu belajar

Dulu rasanya matematika atau fisika gampang banget tapi kenapa sekarang jadi susah? Dan akibatnya kita jadi enggak suka.  Semakin tinggi kelas kita, wajar kalau pelajarannya semakin sulit. Tanya pada diri sendiri bagian mana atau pada bab berapa kita mulai merasa kesulitan? Baca pelan-pelan dari bagian itu dan tambahkan sedikit waktu belajar kita. Misalnya biasanya belajar fisika satu jam, sekarang jadi satu setengah jam. Ulangi tiap hari, sampai kita mengerti betul.

 

6 Cara Menguasai Pelajaran Yang Dibenci
Pelajari pola dan celah dari setiap mata pelajaran.

Cari celahnya.

Ada pelajaran tertentu yang awalnya sangat sulit tapi kalau sudah ketemu polanya akan gampang. Contohnya adalah Bahasa Inggris dengan grammar-nya, atau matematika yang penuh rumus.  Enggak ada cara lain selain kita harus hafal polanya sampai berdarah-darah! Hi-hi-hi. Saat mempelajari ini, ingat akan kenikmatan yang kita dapatkan di akhir perjuangan. Sama seperti waktu belajar naik sepeda atau mobil. Susah tapi setelah terbiasa dan tahu celahnya, semua akan terasa gampang.

 

Mundur satu langkah

Biar pelajaran enggak terasa makin sulit, enggak ada salahnya kita mundur sedikit. Misalnya kita kelas dua, coba kita buka lagi buku kelas matematika kelas datu. Terasa gampang kan? Pelan-pelan kerjakan soal disitu. Karena mudah pastinya bisa bikin semangat.  Begitu mencapai materi pelajaran kelas dua, enggak terasa sulit lagi, deh.

 

Kerjain duluan

Karena engak suka pelajaran tertentu,kalau ada tugas atau PR, kita mengerjakannya yang terakhir. Sebaiknya pola ini kita ubah. Kerjakan dulu pelajaran yang enggak kita suka, karena pikiran kitamasih fresh.  Kalau pun butuh waktu lama, enggak akan membuat  kita keburu lelah.

 

6 Cara Menguasai Pelajaran Yang Dibenci
Belajar cukup sebentar tapi efektif

Sebentar tapi efektif

Kita bisa belajar sedikit demi sedikit mencintai pelajaran yang enggak kita suka. Caranya, baca dan pelajari setiap hari. Baca atau latihan pelajaran itu setiap 30-45 menit setiap hari. Lakukan dengan santai dan tanpa beban. Sama seperti kalau kita lagi iseng surfing internet atau baca majalah.

 

 

 

author :

Muti Siahaan

Suka banget menulis, travelling & yoga. Namaste ^^

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN