6 Cara Mengatasi Kelaparan Akut Saat PMS

Published by : Muti Siahaan Posted on : Rabu, 24 Februari 2016

6 Cara Mengatasi Kelaparan Akut Saat PMS

Selain bikin mood kita naik turun, saat PMS entah kenapa bawaan kita selalu lapar melulu. Walau sudah makan kenyang tapi keinginan nyemil selalu menggila. Rasa lapar ini jelas ada hubungannya dengan hormon yang bekerja saat kita menjelang menstruasi. Hormon serotonin cenderung berkurang saat menjelang menstruasi, ini membuat kita selalu ingin memakan sesuatu yang manis, berkarbohidrat dan makanan berlemak. Tapi enggak perlu panik, girl. Ini dia 6 cara mengatasi kelaparan akut saat PMS.

 

6 Cara Mengatasi Kelaparan Akut Saat PMS
Yoghurt dan buah cocok buat sarapan saat PMS

Sarapan yang kaya protein

Saat PMS, usahakan kita sarapan, ya! Pilih sarapan yang kaya protein tapi rendah karbohidrat dan gula. Protein membantu tubuh untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Kalau kadar gula rendah, kita cenderung jadi lapar dan ingin makan yang serba manis.  Untuk sarapan kita bisa minum susu kedelai, yoghurt dengan buah-buahan atau omelet dicampur tomat.

 

Minum teh hijau atau air lemon

Kalau kita suka minum kopi atau minuman bersoda, hindari mengonsumsinya saat PMS, ya, karena ini makin membuat kita makin lapar dan ingin ngemil. Sebagai gantinya kita bisa minum teh hijau, air mineral atau air lemon. Bawa selalu botol minum yang sudah diisi dengan minuman itu.

 

Makan permen karet

Kadang lapar saat PMS sering terjadi karena kita terpengaruh sama mitos saja, hi-hi-hi. Jadi otak kita selalu berpikir, waaah ini lapar gara-gara PMS nih, padahal sebenarnya cuma lapar mata aja, gara-gara kita melihat iklan makanan atau melihat teman yang lagi makan. Bisa juga mulut kita cuma gatal ingin mengunyah. Untuk menghindari hal ini, sediakan selalu permen karet. Kalau rasa ingin lapar menyerang, sebelum menyerbu makanan yang ada, coba kunyah dulu permen karet, niscaya rasa lapar sedikit berkurang.

 

 

6 Cara Mengatasi Kelaparan Akut Saat PMS
Saat ingin ngemil yang manis, makan saja dark chocolate

Makan cokelat

Kalau kita ingin makan yang serba manis, jangan pilih permen atau donat atau cookies yang manis. Sebaiknya pilih aja cokelat. Lebih bagus lagi dark chocolate.  Sebaiknya hindari juga white chocolate dan milk chocolate karena kandungan kalori dan gulanya cukup tinggi.

 

Makan sup

Kalau lapar dan ingin makan yang serba karbohidrat seperti nasi, kentang atau roti, kita bisa alihkan dengan makan sup. Sup dengan kandungan sayur-sayuran beserta kuahnya, bisa membuat perut lebih kenyang.

 

Makan buah-buahan

Salah satu cemilan sehat, nih. Kita bisa memilih berbagai buah-buahan favorit kita. Mulai dari apel, pir, jeruk hingga rambutan. Boleh banget kita minta ke tukang rujak untuk meracikan berbagai buah yang ada ditambah sambal. Kalau khawatir dengan kalori dan karbohidrat tinggi, hindari makan pisang, alpukat dan mangga, ya. 

Tags : pms

author :

Muti Siahaan

Suka banget menulis, travelling & yoga. Namaste ^^

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN