6 Cara Enggak Terkena Alergi Make-up

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 9 September 2014

6 Cara Enggak Terkena Alergi Make-up

Memakai make up bisa membuat wajah kita jadi makin cantik. Tapi hati-hati, kulit tiap orang itu berbeda-beda dan baru menggunakan sedikit make-up saja udah gatal-gatal. Ini artinya kulit kita terkena alergi make up. Lakukan cara-cara kalau kulit kita termasuk jenis sensitif agar enggak terkena alergi make-up.

 

Ciri-ciri alergi make-up

Ciri-ciri kulit terkena alergi make-up  paling gampang adalah kulit yang merah-merah, kering, membengkak dan gatal. Bisa ini terjadi pada satu bagian kecil dari wajah atau menyebar merata ke seluruh wajah. Alergi bisa terjadi pada dua kondisi. Pertama, kontak langsung. Artinya begitu kita menggunakan make-up tersebut, kulit langsung bereaksi dan jad alergi. Sebagian besar orang yang alergi biasanya ada pada kondisi ini. Kedua, alergi pada salah satu bahan yang dikandung dari make-up itu. Biasanya alergi ini efeknya lebih menyakitkan dan lebih lama sembuh.

 

Test alergi

Kalau kulit kita sensitif, kita perlu melakukan test alergi sebelum membeli dan menggunakan make-up tertentu. Oleskan make-up ada siku dan tunggu reaksinya beberapa saat. Kalau kulit berubah jadi merah dan gatal-gatal artinya kita enggak cocok dengan make up itu.  Kita bisa mencari produk-produk yang mineral base dan khusus untuk hypoallergic. Label seperti allergy-tested, dermatologist-tested, nonirritating bisa juga jadi panduaan saat membeli make-up.

 

Wajib cuci tangan

Sebelum menggunakan make up, pastikan tangan dicuci bersih. Kita enggak tahu kan kotoran dan bakteri apa yang sempat mampir di tangan kita.

 

Jangan pinjam punya teman

Kondisi kulit tiap orang berbeda-beda. Buat yang punya kulit sensitif sebaiknya jangan pernah meminjam make-up dari orang lain atau pun meminjamkan make-up kita pada teman. Karena berbagi kosmetik berarti berbagi bakteri juga.

 

Lihat tanggal kadaluarsa

Seperti juga makanan, make-up punya tanggal kadaluarsanya. Begitu botol kemasan dibuka, mikroorganisme yang ada di udara tanpa sengaja bisa ikut masuk dan ini yang bisa merusak kualitas make up sehingga menyebabkan kulit alergi. Waspadai penggunaan make-up yang sudah lama,ya. Kalau kita bukan tipe orang yang setiap hari menggunakan make-up, sebaiknya kita membeli dalam ukuran kecil aja.

 

Gunakan tester

Untuk kita yang punya kulit sensitif, menggunakan tester itu penting banget. Sebelum membeli produk coba deh tanya apakah mereka punya tester. Dengan ukurannya yang super kecil, kita bisa menggunakannya dalam beberapa hari dan bisa melihat hasil serta reaksinya pada kulit kita.

 

Hati-hati dengan kata natural

Kata 'natural' enggak jadi jaminan kalau make-up yang tersebut enggak menimbulkan alergi,lho. Jadi tetap saja kita harus mengetesnya dulu. Untuk beberapa orang, ada bahan-bahan natural seperti ekstrak lanolin, cokelat, stawberry atau kacang-kacang malah membuat mereka alergi.

 

(muti, foto: tumblr)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN