6 Cara Aman Bermain Dengan Internet

Published by : Marti Posted on : Kamis, 26 Juni 2014

6 Cara Aman Bermain Dengan Internet

Hampir setiap hari kita terbiasa hidup dengan internet. Kalau sehari enggak mengecek akun sosial media, enggak browsing website favorit atau menonton youtube, rasanya hidup kita ada yang kurang! Saat bermain internet, sebaiknya kita mengetahui rambu-rambu dan batasan supaya kita tetap bisa bermain dengan aman.

 

Teman Atau Followers?

Jujur deh, coba mengaku seberapa banyak yang benar-benar kita kenal pada akun sosial media kita. Karena dunia internet sangat luas, kita bisa mengenal dan mencari banyak sahabat baru hanya dengan following mereka. Tapi, kita harus waspada. Banyak akun palsu yang sengaja dibuat oleh pelaku kejahatan buat melakukan tindak kriminal. Jangan sampai kita menjadi korban pelecehan seksual atau cyber bullying dengan orang asing yang kita kenal lewat dunia maya.


Report!

Belajar kritis dan aktif mengenali dengan siapa kita berbicara. Kalau kita merasa tindakannya mengarah kepada kekerasan atau bullying, coba laporkan! Banyak akun sosial media yang memiliki tombol darurat untuk merespon tindakan kriminal atau pelaku bullying di internet. Kita juga bisa melaporkan tindakan mereka secara privasi dan terjaga kerahasiaannya melalui perusahaan akun sosial media tersebut. Misalnya, mengunjungi Facebook.com/report. Tetap waspada ya!

 

Hati-Hati Sebelum Klik

Dunia internet sangat luas, enggak aneh saat kita menulis keyword dan menemukan beberapa situs porno saat googling. Jangan pernah terhasut buat membukanya dan cobalah tetap bersikap bijaksana dan bertanggungjawab. Ingat, rasa penasaran akan terjawab pada waktu yang tepat. Jangan sampai kita menyesal.

 

Jadi Diri Sendiri

Enggak perlu menulis nama lain atau membuat akun palsu karena merasa enggak pede. Beberapa situs sosial media akan secara otomatis menghapus akun aneh atau palsu ketika menemukan kejanggalan. Daripada IP Server kita di block oleh situs tersebut, lebih baik menjadi diri sendiri.

 

Private

Bukan berarti private artinya sombong atau enggak punya teman. Private bisa melindungi kita dari berbagai ancaman seperti cyber bullying, pelecehan seksual, atau serangan hatters.

 

Rahasiakan Password

Yakinkan kalau passwords yang kita pakai aman dan sulit diketahui orang lain. Gunanya menjaga kerahasiaan passwords adalah supaya kita terhindar dari hacking seseorang. Jangan sampai kalau ada yang membenci kita, dia akan melakukan hal enggak baik yang bisa membuat image kita jelek!

 

 

(stefanie, foto: toovia.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN