50 Things College Freshmen Should Know

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 7 Maret 2013

50 Things College Freshmen Should Know

Ketika masa SMA sudah selesai, hal yang pasti dilakukan adalah mengejar universitas yang diimpikan. Nah, sebelum benar-benar memutuskan mau kuliah apa dan dimana, yuk persiapkan hal-hal lain yang enggak dipikirkan. Karena, di dunia kuliah nanti, banyak hal-hal yang enggak pernah kita ketahui sebelumnya, girls!

 

1.    Cari tahu budget yang dibutuhkan. Apalagi untuk yang mau kuliah di luar kota. Dari mulai biaya kos, uang jajan, transportasi, dan lain-lain.

 

2.    Sebelum perkuliahan dimulai, lebih baik mencari tahu dulu di mana letak kampus kita. Agar pas hari pertama enggak nyasar.

 

 

3.    Kalau kita benar-benar sendiri di kota orang, coba berkenalan dengan teman satu kos atau asrama untuk menambah teman.

 

4.    Mengikuti ospek. Walaupun malas mendengar bentakan senior, tapi ospek bisa menjadi pengalaman yang akan selalu dikenang bersama teman seangkatan.

 

 

5.    Always go to class! Dunia perkuliahan berbeda dengan SMA. Enggak mau dong, ketinggalan pelajaran dan titip absen terus?

 

6.    Sesuaikan jumlah SKS dengan kemampuan. Kalau bukan SKS paket, pilih mata kuliah yang wajib dan sesuai kemampuan kita.

 

 

7.    Nilai IPK memang bukan segalanya, tapi target tetap harus ada untuk membuktikan kepada orang tua kalau kita kuliah dengan serius.

 

8.    Membuat skala prioritas. Ini penting banget agar kita enggak bingung untuk menentukan apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

 

 

9.    Back up your data! Setiap tugas yang sudah selesai dikerjakan, simpan di flashdisk lain untuk berjaga-jaga.

 

10. Bersosialisasi. Kuliah enggak cukup kalau cuma belajar aja. Selain menambah teman baru, cari suasana baru di organisasi yang kita sukai.

 

 

11. Kritis. Perkataan dari dosen enggak sepenuhnya benar. Kalau kita merasa ada yang salah, jangan malu untuk bertanya dan memperbaiki.

 

12. Membuat akun tabungan baru yang khusus mahasiswa. Biasanya, di setiap universitas ada kerjasama dengan bank, jadi kita bisa menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

 

 

13. Mengatur waktu sesuai kebutuhan. Jadi, enggak ada tuh alasan mengerjakan tugas yang mepet deadline atau malah enggak dikerjain.

 

14. Cari buku murah. Buku-buku untuk kuliah nanti memang mahal. Untuk yang enggak suka baca buku, lebih baik mencari buku yang murah saja.

 

 

15. Kalau merasa masih kemahalan dan sayang untuk beli buku, trik lainnya pinjam di perpustakaan atau ke teman.

 

16. Jaga kesehatan. Kalau lagi banyak tugas dan kegiatan, pintar-pintar mengatur waktu untuk kesehatan tubuh ya girls.

 

 

17. Get a scholarship! Kalau ada kesempatan beasiswa dari universitas, enggak ada salahnya dicoba untuk menambah uang saku.

 

18. Enggak ada salahnya me-review ulang pelajaran atau membaca bab baru. Siapa tau besok ada kuis atau ujian mendadak!

 

 

19. Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa sesuai dengan hobi dan bakat kita bisa menjadi salah satu cara untuk mengisi waktu dan bertemu orang-orang baru.

 

20. Tidur yang cukup. Kita enggak akan bisa beraktifitas dengan baik kalau enggak istirahat. Jadi, berapa pun waktu yang ada untuk tidur, istrahatkan tubuh kita.

 

 

21. Berhubungan baik dengan bapak atau ibu dosen bisa menjadi salah satu cara mendapat nilai A lho! Perilaku juga bisa menjadi nilai lebih lho.

 

22. Jangan menutup diri. Kalau dari awal sudah menutup diri, bagaimana mau kenal dan dekat dengan teman satu angkatan?

 

 

23. Hati-hati dalam bergaul. Karakter teman di kampus bermacam-macam. Menjadi orang yang supel, tapi harus tetap waspada ya, girls.

 

24. Jangan biasakan bolos masuk kelas. Buat yang susah memahami pelajaran, bisa kewalahan mengejar ketinggalan.

 

 

25. Selain mengatur waktu, mencatat hal-hal penting di agenda juga penting banget agar enggak ada yang terlupakan.

 

26. Menyicil tulisan untuk CV kita penting juga loh. Biar enggak missed kegiatan apapun yang kita kerjakan di organisasi.

 

 

27. Mencoba pertukaran pelajar. Biasanya, peluang exchange dari universitas atau fakultas banyak banget. Enggak ada salahnya loh dicoba.

 

28. Agar enggak boros bensin dan bayar parkir, naik angkutan umum atau nebeng teman bisa dijadikan pilihan ya.

 

 

29. Untuk yang kuliah di luar kota, siap-siap homesick. Yang enggak memungkinkan pulang saat liburan, bikin rencana liburan bareng teman-teman.

 

30. Banyak bertanya. Jangan malu bertanya sama teman, senior atau dosen yang ada di kampus ya girls.

 

 

31. Jangan ikut-ikutan teman. Kalau kita enggak suka akan sesuatu hal, jangan terlibat. Lebih baik mementingkan diri sendiri daripada harus ikut-ikutan.

 

32. Find the right place for study. Saat masa ujian datang, yang enggak suka belajar kelompok temui cara belajar favorit kita.

 

 

33. Me time. Kumpul bareng teman-teman memang selalu seru. Tapi, memanjakan diri sendiri setelah rutinitas kampus yang padat juga enggak kalah seru loh.

 

34. Be a leader! Jangan takut untuk mengajukan diri sebagai ketua kelompok atau ketua organisasi. Maksimalkan kemampuan diri kita sebagai pemimpin.

 

 

35. Kerja part time. Selain pengalaman organisasi, kerja part time untuk mengisi waktu dan menambah uang saku boleh banget asal enggak mengganggu waktu kuliah.

 

36. Pasang alarm. Biar enggak telat masuk kelas, pasang alarm sebanyak mungkin. Apalagi untuk yang sering dapet jadwal kuliah pagi.

 

 

37. Jaga pengeluaran. Semakin ke sini, pengeluaran memang semakin banyak. Tapi, bisa kok kalau kita membuat maksimal budget untuk setiap bulan.

 

38. Belajar hal baru. Untuk yang universitasnya memperbolehkan mengambil mata kuliah antar fakultas, seru banget kalau kita memang minat!

 

 

39. Untuk yang tinggal di kos atau asrama, salah satu cara meminimalisasikan pengeluaran adalah memasak sendiri dan mencuci baju sendiri.

 

40. Ikuti berbagai seminar. Selain menambah pengetahuan, sertifikat seminar yang didapat berguna sebagai syarat lulus.

 

 

41. Jangan cepat down. Kalau di semester pertama nilai kita kurang memuaskan, jadikan pelajaran agar tidak terjadi disemester berikutnya.

 

42. Make your own target. Kalau dari awal kita sudah punya target kapan lulus, biasanya bisa menjadi motivasi diri sendiri.

 

 

43. Hati-hati sama virus di komputer. Memproteksi komputer atau laptop itu penting banget agar tugas enggak hilang begitu saja.

 

44. Jangan terlalu banyak tidur larut malam. Selain enggak baik untuk kesehatan, hati-hati terlambat kuliah.

 

 

45. Practice your speech. Melatih berbicara di depan orang banyak itu penting. Jadi, kita enggak merasa takut lagi pas lagi presentasi di kelas.

 

46. Kerjakan tugas secara maksimal. Pekerjaan yang maksimal, maka hasil untuk nilai akhir nanti jadinya akan maksimal.

 

 

47. Perhatikan tanggal pembayaran uang semester dan mengisi sks. Salah-salah, kita enggak bisa kuliah di semester berikutnya.

 

48. Get out from comfort zone. Kita enggak akan bisa menjadi maju kalau terus-terusan di zona nyaman.

 

 

49. Do exercise! Agar kuliah semakin fresh, olahraga rutin seminggu atau dua minggu sekali bisa membuat tubuh kita enggak gampang capek.

 

50. Selalu mencatat. Apalagi mencatat apa yang diajarkan oleh dosen. Biasanya, yang dijelaskan masuk disaat ujian akhir, lho girls!

 

 

(atifa, foto: usatodayeducate.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN