5 Tanda Kurang Tidur Selain Mengantuk (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 10 Juli 2014

5 Tanda Kurang Tidur Selain Mengantuk (Bagian 2)

Saat kurang tidur, tanda-tanda yang paling jelas dapat kita rasakan adalah mengantuk. Tapi ada 5 tanda-tanda kurang tidur yang tubuh kita rasakan selain mengantuk.

 

(Baca juga: 5 Tanda Kurang Tidur Selain Mengantuk - Bagian 1)

 

Shelby Freedman Harris, pakar tidur dan direktur kedokteran perilaku tidur di Montefiore Medical Center di New York mengatakan, ada tanda-tanda yang mungkin selama ini enggak disadari dan menunjukkan kita harus segera membuat tidur sebagai prioritas. Nah, inilah 5 tanda yang dimaksud.

 

Lebih mudah lapar

Kurang tidur meningkatkan nafsu makan dengan mempengaruhi dua hormon dalam tubuh yaitu leptin dan ghrelin. Leptin merupakan hormon yang mengatakan kepada tubuh untuk berhenti makan, sebaliknya ghrelin. Saat kurang tidur kadar hormon ghrelin lebih tinggi daripada leptin sehingga tubuh pun lebih mudah lapar.

 

(Baca juga: Kebiasaan Baik Satu Jam Sebelum Tidur)

 

Sulit fokus

Kalau sulit berkonsentrasi ketika menyetir atau sekedar berjalan, mungkin kita kurang tidur. Karena kurang tidur membuat kesadaran kita menurun dan akan sulit untuk fokus terhadap tugas. Bila sudah mulai mengalaminya, artinya kamu pun harus menambah wakut tidurmu.

 

(Baca juga: 5 Makanan yang Bikin Kita Tidur Nyenyak)

 

(dosir/hai, foto: ukmix.org

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN