5 Pelajaran Penting Dari Foto dan Video Mesum Remaja Yang Beredar di Internet

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Jumat, 23 Oktober 2015

5 Pelajaran Penting Dari Foto dan Video Mesum Remaja Yang Beredar di Internet

Sering melihat foto dan video mesum remaja tersebar di internet? Kadang, kita enggak pernah mencari foto dan video ini. Tapi karena saking banyaknya orang-orang di sekitar kita yang share, foto dan video ini muncul di news feed social media kita. Bisa jadi orang yang ada di dalam foto dan video ini enggak kita kenal. Tapi bukan berarti enggak ada pelajaran yang bisa kita ambil. Ini dia 5 pelajaran penting dari foto dan video mesum remaja yang beredar di internet.

 

(Baca juga: Cara Mewaspadai Kamera Tersembunyi di Toilet atau Ruang Ganti Baju)

 

Kita enggak pernah benar-benar sendiri

Belum lama ini beredar foto cowok dan cewek berseragam SMA yang bermesraan berlebihan di tempat umum. Kedua remaja ini mungkin merasa mereka sedang sendiri dan suasana sepi. Tapi sebenarnya kita enggak pernah benar-benar sendiri. Bisa saja ada orang di sekitar kita yang melihat. Terlebih lagi sekarang ini hampir semua orang memiliki gadget dengan kamera. Memotret sesuatu semudah memijit tombol dengan jempol.

 

Mudah tersebar

Mudah memotret, mudah juga menyebarkannya. Ketika melihat sesuatu yang dianggap menarik, orang cenderung ingin membaginya dan mebahas dengan teman-teman lain di social media. Dengan koneksi internet prima, upload foto ke socmed enggak lebih dari satu menit. Walaupun di-share di socmed yang lingkaran pertemanannya terbatas seperti Path, bisa saja menyebar dengan cepat di socmed lain jika ada yang share print screen postingan tersebut.

 

(Baca juga: Sexy Selfie: Bisa Menciptakan Image Negatif)

 

Dihakimi orang yang enggak dikenal

Salah satu alasan kenapa bullying di internet mudah terjadi adalah, lebih mudah menuliskan sesuatu di balik layar smartphone daripada mengatakan langsung ke seseorang. Begitu juga dengan menghakimi. Foto dan video mesum remaja yang beredar di internet biasanya disertai dengan komentar-komentar menghakimi dari orang lain yang enggak dikenal. Bagi yang menghakimi mungkin merasa hanya ikut komentar. Tapi bagi yang foto atau videonya dikomentari? Bisa saja masuk ke hati. 

 

Sulit memperbaiki citra

Ketika foto atau video mesum seseorang sudah tersebar, akan sulit untuk memperbaiki citra. Karena ada bukti nyata yang walaupun hanya bagian kecil dari apa yang terjadi sebenarnya. Kadang, dari sebuah foto atau secuplik video kita enggak bisa mengetahui semua yang terjadi. Belum lagi kalau gara-gara foto dan video mesum yang tersebar ini, orang yang terlibat jadi kena masalah. Misalnya masalah dengan orang tua, pihak sekolah, atau lebih parahnya lagi dengan polisi.

 

Enggak semua orang bisa dipercaya

Jangankan foto atau video mesum, di tangan orang yang salah, foto-foto sexy selfie kita aja bisa tersebar. Misalnya kita lagi enggak pegang smartphone, dipinjam teman, atau diambil orang, bisa jadi orang itu akan menyebarkan foto-foto kita ke internet. Enggak semua orang menghargai privasi kita. Atau mungkin menganggap apa yang mereka lakukan enggak akan menyakiti kita. Malah, di tangan hacker, foto atau video yang sudah pernah kita hapus dari smartphone bisa di-hack untuk dimunculkan kembali atau diambil dari iCloud. Pilihan terbaik adalah jangan pernah sexy selfie apalagi memotret atau merekam video telanjang di depan kamera. Kita bisa mencegah kejadian serupa terjadi pada kita. Kalau memang enggak ada foto atau video 'aneh-aneh' untuk disebarkan dan selalu menjaga perilaku, tentu saja kita enggak perlu khawatir, girls. 

 

(Baca juga: Cara Menghadapi Ketika Video Memalukan Kita Tersebar Luas)

 

(foto: teen.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN