5 Manfaat Mandi untuk Kesehatan

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 10 Desember 2015

5 Manfaat Mandi untuk Kesehatan

Mandi bisa menyegarkan tubuh dan menenangkan pikiran. Selain itu, menurut jurnal Complementary Therapies di Medicine, berendam dalam air hangat setiap hari selama delapan minggu lebih efektif meredakan kecemasan daripada obat resep. Ini dia 5 manfaat mandi untuk kesehatan kita.

(foto: yourarianagifs.tumblr.com)

 

(Baca juga: 5 Hal yang Wajib Kita Lakukan Waktu Mandi)

 

Menghilangkan gatal psoriasis

Mandi air hangat dengan beberapa sendok makan minyak zaitun atau kelapa dapat membantu meredakan rasa  gatal dan melembutkan kulit bersisik yang disebabkan oleh psoriasis.

 

"Minyak bertindak sebagai pelembab, membantu menghilangkan sisik dan membuat kerentanan  kulit terhadap infeksi jadi berkurang," jelas Abby Jacobson, anggota dewan medis National Psoriasis Foundation.

 

Hanya saja, enggak baik berlama-lama di bak mandi lebih dari 10 menit setiap hari karena cenderung dapat mengeringkan kulit.  Gunakan kain yang lembut untuk membersihkan tubuh, bukan menggosok dengan loofah karena ini dapat membuat kulit semakin meradang. Setelah berendam, aplikasikan krim pelembap ke seluruh bagian kulit.

 

(Baca juga: Tips Merawat Kulit Sehat Yang Benar Saat Mandi)

 

Menenangkan kulit yang meradang

Oatmeal dikenal sebagai penenang kulit selama berabad-abad, tapi baru-baru ini saja peneliti mengetahui kandungan zat avenanthramides di dalam gandum sebagai senyawa utama yang dapat menenangkan kulit yang meradang dan gatal.

 

Campurkan air mandi dengan oatmeal lalu berendamlah di dalamnya selama 15-20 menit. Atau gosok badan dengan oatmeal kemudian bilas sampai bersih.

 

(Baca juga: Alasan Kenapa Mandi Setiap Hari Enggak Sehat Untuk Kulit)

 

Membantu tidur lebih nyenyak

Mandi satu atau dua jam sebelum tidur akan membantu menurunkan suhu tubuh. Penurunan suhu ini akan memicu produksi hormon melatonin, hormon yang membuat kita mengantuk.

 

Paling baik adalah mandi dengan air hangat. Otot-otot kita akan merasa rileks lalu suhu tubuh akan turun perlahan memberi sinyal ke otak untuk memicu kadar melatonin.

 

(Baca juga: 5 Hal yang Bisa Bikin Berenergi Selain Kafein)

 

Meningkatkan memori otak

Menambahkan minyak esensial ke dalam air mandi dapat membantu kerja otak dalam mengingat sesuatu. Aroma sage adalah yang paling baik untuk otak dan bunga bergamot untuk mereduksi stres, demikia menurut jurnal Alternative and Complementary Therapies.

 

(Baca juga: Stop Keramas dengan Air Panas!)

 

Meringankan gejala flu

Mandi air hangat juga bisa membantu membuka jalan napas yang tersumbat karena sakit flu dan mengurangi nyeri otot. Ditambah lagi, tubuh yang rileks akan memicu produksi hormon endorfin yang berfungsi sebagai pereda nyeri dan memberi rasa nyaman.

 

(Baca juga: 5 Kesalahan Yang Cewek Lakukan di Kamar Mandi)

 

(Bestari Kumala Dewi/Kompas Health)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN