5 Langkah Membuat Kamar Enggak Berantakan

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 12 November 2014

5 Langkah Membuat Kamar Enggak Berantakan

Pasti kita sering banget mendengarkan omelan Mama soal kamar kita yang berantakan dan kotor. Yang lebih menyebalkan lagi, baru beberapa saat kita bersihkan kamar sudah berantakan lagi. Sebenarnya ada cara singkat dan gampang untuk membuat kamar enggak berantakan lagi.

 

Bagi barang dalam katagori

Barang berantakan karena kita enggak tahu dimana tempat meletakannya. Jadi sebaiknya kita bagi barang-barang kita dalam beberapa katagori. Misalnya, barang untuk sering dipakai, kadang dipakai dan jarang dipakai. Yang sering dipakai letakan pada tempat strategis dan gampang ditemukan. Misalnya diatas meja belajar atau di dekat tempat tidur. Yang kadang dipakai masukan laci atau lemari. Dan yang jarang dipakai, letakan di tempat paling atas lemari atau di dalam kotak khusus.

 

Bagi dalam kotak-kotak

Coba cek, berapa banyak barang kita bercampur aduk dalam lemari, berapa banyak baju yang bertumpuk di dalam lemari. Gunakan kotak-kotak pemisah untuk merapihkan barang-barang. Kita bisa menggunakan kotak plastik yang sering dijual di toko atau bikin sendiri dari kardus bekas. Kita juga bisa menggunakan kaleng, stoples bekas untuk memisah-misahkan barang kita.  Untuk lemari, gunakan kotak memisah baju.

 

Keluarkan dari kamar

Perhatikan berapa banyak ruangan kosong yang tersisa dalam kamar? Kalau kita sudah kesulitan jalan karena banyak barang yang menghalangi, itu artinya kamar kita sudah kepenuhan. Sebaiknya ada beberapa barang yang kita keluarkan dari kamar. Bisa itu kita sumbangkan atau simpan di tempat lain.

 

Dipasang bergantian

Kadang kita suka enggak rela ada barang yang dibuang, akibatnya kita tetap mempertahankan barang itu, walau pun kamar jadi penuh dan berantakan. Kita bisa memasukan dan mengeluarkan barang secara bergantian lho. Misalnya dua bulan pertama beberapa hiasan, aksesori, bantal dan boneka yang berwarna pink kita panjang. Sisanya kita masukan dalam box.  Untuk bulan ketiga dan keempat, giliran semua boneka dan barang-barang yang bertema rainbow kita pasang. Dan seterusnya sehingga kamar tetap terhias rapi dan enggak berantakan.

 

Rutinitas di kamar

Ada baiknya kita melatih diri rutinitas di dalam kamar,  sehingga semua barang bisa ada pada tempatnya. Misalnya, begitu masuk kamar, tas langsung kita letakan di meja belajar, langsung ganti baju dan gantung baju seragam pada gantungan dekat pintu masuk. Dengan membiasakan rutinitas yang sama, kita akan terhindar dari menaruh barang sembarangan. Begitu juga saat mau belajar. Mulai lah dengan meletakan alat tulis di meja, siapkan cemilan disisi pinggir dan bantal di sisi yang lain. Berlakukan aturan ini pada teman atau orang lain yang kebetulan masuk ke kamar kita juga.

 

(muti, foto:tumblr)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN