5 Kesalahan Menghadapi Ujian Nasional Matematika

Published by : Natasha Erika Posted on : Senin, 4 April 2016

5 Kesalahan Menghadapi Ujian Nasional Matematika

Girls, supaya kita makin semangat menghadapi Ujian Nasional yang sebentar lagi dilaksanakan, coba kita ikuti tips sukses mengerjakan soal, yuk! Berikut ini ada 5 bentuk kesalahan yang kerap dilakukan pelajar ketika menghadapi Ujian Nasional Matematika. Setelah mengetahui 5 poin ini, jangan kita lakukan ketika mau ujian matematika ya, girls! Good luck!

 

Baca juga: 4 Trik Mengerjakan Soal Ujian Nasional Bahasa Inggris

 

Menghafal

Ada beberapa pelajar yang menganggap kalau belajar Matematika itu bisa dihafalkan. Eits... Enggak, lho. Rumus matematika mungkin harus kita hafalkan, tapi untuk bisa memahami materi kita perlu latihan dan latihan. Biasanya, kita juga suka menghafalkan jawaban ketika pertanyaan logika. Selama beberapa kali try out, pertanyaan logika model seperti itu selalu keluar. Padahal, kita mesti memahami betul konsep logika itu seperti apa. Jadi, kalau menemui soal yang mungkin berbeda, kita tetap bisa mengerjakan.

 

Enggak pakai strategi

Sebenarnya enggak cuma soal Matematika aja, tapi juga mata pelajaran lain itu perlu strategi khusus ketika mengerjakannya. Nah, kalau buat Ujian Nasional Matematika, kita wajib tahu kelompok-kelompok materi yang pasti keluar di soal. Nah, setelah itu, kita bisa coba mengerjakan kelompok materi yang paling kita kuasai. Enggak harus berurutan. Tapi, jangan sampai terlewat ya soal-soal yang belum kita kerjai.

 

Baca juga: 4 Trik Mengerjakan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia

 

Mengandalkan 'cap, cip, cup'

Hayooo, ngaku... Siapa yang suka cap, cip, cup ke pilihan ganda buat pertanyaan matematika yang enggak kita kunjung temukan jawabannya? He-he-he. Ini salah satu hal yang sering dilakukan pelajar. Kalau ada soal yang enggak kunjung kita temui jawabannya, tinggalkan dulu. Kerjakan soal lain yang lebih mudah. Setelah selesai mengerjakan, manfaatkan sisa waktu untuk kembali menghitung buat pertanyaan tersebut.

 

Enggak teliti

Kunci mengerjakan soal Ujian Nasional Matematika adalah ketelitian. Terkadang, ada beberapa soal yang bisa menjebak kita, lho. Misalnya, ketika menghitung, kita berhasil menemukan hasil jawaban yang ada di pilihan ganda. Tapi, karena kurang teliti, ternyata yang diminta oleh soal bukan jawaban itu. Makanya, wajib banget buat tetap teliti ketika mengerjakan setiap soal semudah apa pun itu.

 

 

Enggak memeriksa kembali

Ini juga berlaku buat mengerjakan soal ujian mata pelajaran lain. Biasanya, kita jarang memeriksa kembali jawaban yang telah kita pilih. Kalau memang masih banyak waktu, gunakan sebaik-baiknya untuk meyakinkan jawaban kita.

 

Baca juga: Tips Belajar Buat Tipe Melihat Alias Visual

 

(foto: ucresearch.tumblr.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN