5 Kesalahan Diet Yang Sering Cewek Lakukan

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Jumat, 2 Oktober 2015

5 Kesalahan Diet Yang Sering Cewek Lakukan

Berat badan susah bengt turunnya? Kita enggak sendirian. Menurut survei dari Marketdata Enterprises, rata-rata warga Amerika harus melakukan empat sampai lima jenis diet untuk mengurangi berat badannya. Ada beberapa faktor yang bisa menggagalkan diet kita. Dan inilah 5 kesalahan diet yang mungkin sering cewek lakukan sehingga berat badan kita gagal turun.

 

(Baca juga: 5 Tips Buat Mulai Diet Sehat)

 

Menghitung setiap kalori yang masuk ke tubuh

Ketika ingin menurunkan berat badan, kualitas diet jauh lebih penting daripada jumlah kalori yang masuk. Studi di tahun 2012 yang dipublikasikan pada jurnal JAMA menemukan bahwa orang-orang yang menjalankan diet rendah karbohidrat dan glikemiknya rendah membakar lebih banyak kalori dibanding mereka yang melakukan diet rendah lemak.

 

"Makanan yang karbohidratnya tinggi memperlambat metabolisme tubuh dibandingkan makanan kaya lemak dan protein," kata David Ludwig, MD, Direktur New Balance Foundation Obesity Prevention Center, Boston Children's Hospital. Makanan dengan kadar glikemik tinggi seperti gula, roti dan kentang juga meningkatkan gula darah dan merangsang rasa lapar.

 

(Baca juga: Apa Sih Kalori?)

 

Membatasi porsi makan

Mungkin kita pernah mendengar hal ini ribuan kali: porsi makan yang kecil namun tapi sering membantu menurunkan berat badan dan mengontrol nafsu makan kita. Namun, membagi 1.200 kalori perhari untuk enam kali porsi makan bisa membuat perut kita bunyi.

 

"Kita memerlukan protein, serat dan karbohidrat di setipa porsi makan kita agar kenyang. Dan sangat sulit mendapatkan itu semua hanya dengan 200 kalori," jelas Blatner. Pada beberapa kasus, orang-orang akhirnya makan berlebihan di porsi makan kecil mereka tadi. Sebaiknya makan tiga kali sehari dengan porsi makan biasa dibanding makan kecil sebanyak enam kali.

 

(Baca juga: Pola Makan Yang Berhubungan Dengan Emosi Kita)

 

Mengonsumsi makanan yang sama

Tips diet ini sempat popular setelah studi tahun 2011 menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi mac and cheese setiap hari dalam seminggu, memperoleh 100 kalori lebih rendh dibanding ketika ia mengonsumsi makanan lainnya.

 

Tapi, studi terbaru yang dilakukan oleh Hollie Raynor, Phd, profesor gizi di University of Tennerssee, Knoxville, mengungkapkan bahwa seseorang yang menjalankan diet dengan membatasi makanan, berat badannya tidak turun lebih banyak dibandingkan pejuang diet lainnya yang mengonsumsi makanan apapun yang mereka inginkan.

(Baca juga: 5 Cara Unik Yang Ternyata Ampuh Menurunkan Berat Badan)

 

Mengukur berat badan setiap hari

Mengukur berat badan setiap hari dikaitkan dengan penurunan berat badan yang efektif. Namun, kita tidak bisa melakukannya terus-terusan, karena salah satu studi pada Journal of Obesity menemukan bahwa wanita paling dirugikan dari kebiasaan menimbang berat badan setiap hari. "Gejolak hormon dapat menyebabkan retensi cairan sehingga sangat sulit mendapatkan hasil yang akurat," kata Liz Weinandy, R.D dari Ohio State University Wexner Medical Center.

 

Selain itu, berat badan merupakan isu emosional bagi sebagian wanita sehingga mereka yang hasil timbangan berat badannya tidak memuaskan akan berpikir: "Untuk apa berusaha?" Menurut studi dari PLOS ONE, sebaiknya menimbang berat badan seminggu sekali. Rabu merupakan hari yang bagus karena kita cenderung "lebih berat" di akhir pekan dan menurun jumlah berat badannya pada tengah minggu.

 

(Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bakal Menaikan Berat Badan Kita)

 

Olahraga gila-gilaan

Makan sedikit, banyak olahraga; kedua hal itu merupakan saran paling umum yang diberikan untuk menurunkan berat badan. Namun, kedua strategi tersebut ternyata tidak benar-benar efektif. "Penurunan berat badan itu 80% diet, 20% olahraga," kata Craig Primack, MD, ahli pengobatan obesitas di Scottsdale Weight Loss Center, Arizona. Pembakaran kalori dari olahraga sangat kecil. Rata-rata seseorang harus berjalan 35 mil untuk membakar 3500 kalori (menurunkan 1 pound berat badan).

 

Itulah 5 kesalahan diet yang mungkin sering cewek lakukan. Pernah melakukan kesalahan-kesalahan tersebut? (time.com)

 

(Baca juga: 5 Cara Sebulan Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga)

 

(gita/intisari-online.com, foto: channel24.co.za)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN