5 Hal yang Wajib Kita Perhatikan Waktu Menstruasi

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 15 Oktober 2013

5 Hal yang Wajib Kita Perhatikan Waktu Menstruasi

Menstruasi jadi hal yang rutin dialami cewek setiap bulannya. Kadang kita enggak terlalu memerhatikan hal-hal yang terjadi selama menstruasi dan menjalaninya seakan-akan itu normal. Padahal, ada beberapa hal yang harus kita tau dan perhatikan selagi menjalani menstruasi, girls.

 

Lagi banyak-banyaknya

Hari-hari pertama biasanya darah yang keluar lebih banyak dari hari selanjutnya. Hal itu memang normal terjadi dan kita enggak bisa mengontrolnya dengan cara apapun. Nah, kalau kita mengganti pembalut dua sampai tiga jam sekali waktu lagi banyak-banyaknya, artinya menstruasi kita enggak akan mencapai tujuh hari, girls.

 

Minum obat penahan rasa sakit

Buat cewek yang biasa mengalami kesakitan waktu menstruasi, makan obat penahan rasa sakit enggak ada salahnya, kok. Sebaiknya kita mulai makan obat penahan rasa sakit sebelum siklus menstruasi kita dimulai. Misalnya, kalau menstruasi kita dimulai tanggal 17, maka kita mulai minum obat sejak tanggal 16. Kalau kita memperbanyak olahraga, tidur cukup dan makan makanan sehat, rasa sakit waktu menstruasi bakal berkurang juga, girls.

 

Menjalani aktivitas dengan normal

Menurut sebuah studi, 90 persen cewek mengalami gejala-gejala tertentu selama menstruasi dan 10 sampai 20 persen dari gejala itu mengganggu aktivitas normal mereka. Meskipun gejala-gejala itu memang agak mengganggu, jangan sampai aktivitas kita jadi terganggu, girls.

 

Enggak selalu teratur?

Siklus menstruasi remaja biasanya berlangsung dalam jangka waktu 21 sampai 45 hari. Hal itu yang bikin menstruasi enggak terjadi pada tanggal yang sama setiap bulannya, meskipun siklus kita teratur. Jadi, enggak usah khawatir soal hal itu. Selain itu, sakit, stres dan perubahan berat badan yang signifikan bisa merubah siklus menstruasi kita.

 

Menjaga kebersihan

Menstruasi adalah hal normal yang dialami cewek dan kita enggak perlu merasa jijik akan hal itu. Kita enggak perlu membersihkan daerah kewanitaan kita secara berlebihan waktu menstruasi. Biar kebersihan daerah kewanitaan kita tetap terjaga, gunakan sabun dengan pH yang sesuai sama badan kita dan tanpa wewangian.

 

(lana, foto: huffingtonpost.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN