5 Hal yang Perlu Kita Perhatikan Sebelum Jadi Vegetarian

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Sabtu, 25 Januari 2014

5 Hal yang Perlu Kita Perhatikan Sebelum Jadi Vegetarian

Being a vegetarian is a big deal. Banyak hal yang perlu kita perhatikan sebelum menjalani pola makan dan hidup yang satu ini. Kita enggak bisa sembarangan dalam memilih makanan yang kita makan dan harus lebih teliti lagi. Selain itu, orang-orang di sekitar kita juga bakal bereaksi soal pilihan kita ini. Sudah siap sama semua itu, girls?


Keluarga dan teman bakal bertanya-tanya

Orang-orang di sekitar kita bakal sangat sensitif sama pilihan kita ini dan mengajukan banyak pertanyaan. Hal terbaik buat meminimalisir hal ini adalah kita perlu mengemukakan alasan paling masuk akal soal pilihan ini. Selain itu, kita juga perlu bilang ini pilihan kita dan setiap orang berhak akan hal itu.

 

Perlu mengonsumsi suplemen

Berhubung kita jadi vegetarian, bakal ada beberapa kebutuhan nutrisi yang enggak bisa kita dapatkan dari sayuran. Misalnya vitamin B12 yang hanya ada pada makanan dari hewan dan zat besi. Maka dari itu kita perlu mengonsumsi suplemen yang mengandung kedua zat tadi buat memenuhi kebutuhan tubuh kita.


Sumber protein baru

Menurut pakar vegan Valerie Rosser, setiap makanan yang kita makan sehari-hari harus mengandung protein. Kenapa perlu? Soalnya protein adalah zat yang menjadi pondasi tubuh kita, mereka terpecah jadi asam amino yang membantu sel untuk tumbuh dan memperbaiki diri. Kita memerlukan setidaknya 0,8 gram protein untuk setiap kilogram dari bobot tubuh kita.


Bahan kedelai

Buat mengganti konsumsi daging, makanan dengan bahan dasar kedelai jadi salah satu pilihan. Ilmuwan masih memperdebatkan soal konsumsi 'daging' berbahan dasar kedelai karena ada kemungkinan berbahaya buat kesehatan hati. Meskipun begitu, konsumsi makanan berbahan dasar kedelai lainnya kayak tempe, tahu, susu kedelai dan kecap tergolong aman dan diperbolehkan.


Siap-siap teliti membaca label makanan

Kalau kita serius mau menjadi vegan, mengecek label makanan dan bahan yang terkandung di dalamnya adalah hal yang wajib dilakukan. Kita perlu teliti mengecek apakah ada kandungan non-vegan yang terkandung dalam makanan yang mau kita beli atau enggak. Pewarna makanan pada label juga perlu kita teliti, apakah bersumber dari tumbuhan atau yang lainnya.

 

(lana, foto: )

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN