5 Fakta Tentang Vagina Yang Harus Diketahui Cewek

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 12 Desember 2014

5 Fakta Tentang Vagina Yang Harus Diketahui Cewek

Sebagai cewek, kita wajib menjaga daerah vagina dengan baik agar tetap sehat dan berfungsi normal. Untuk itu, seenggaknya ada lima fakta tentang vagina yang harus kita ketahui.

 

Baca juga: Cara Mencegah Bau Tidak Sedap Di Vagina


Bagian dan letak vagina

Kita bisa menyebut seluruh bagian alat kemaluan kita sebagai vagina. Tapi sebenarnya alat kelamin kita ini terdiri dari beberapa bagian, girls. Daerah luarnya disebut vula yang terdiri lagi dari labia dalam dan labia luar (bibir), lalu ada bagian klitoris dan uretra. Nah, yang namanya vagina sendiri sebenarnya adalah bagian dalam yang dimulai dari vulva hingga  meliputi leher rahim (serviks), rahim, ovarium dan saluran tuba.

 

Baca juga: Cara Mencukur Rambut Vagina Di Rumah

 

Ukuran vagina

Selanjutnya, fakta tentang vagina yang harus diketahui cewek adalah vagina rata-rata memiliki panjang 8-10cm. Bentuknya seperti tube yang memanjang dari leher rahim hingga ke bagian vulva (lubang bagian depan). Vagina sangatlah elastis sehingga bisa melebar hingga 200%, makanya bisa menjadi jalur keluarnya bayi saat proses melahirkan.

 

Bentuk dan warna

Vagina memiliki beragam bentuk dan warna. Ada yang kecil dan berbentuk lonjong seperti telur ada juga yang besar dan berbentuk silinder. Begitu juga dengan warnanya, biasanya terpengaruhi juga oleh warna kulit si cewek. Ada yang berwarna pink, pink kemerahan, cokelat mudah higga agak ungu atau cokelat tua. Menurut dr. Suzy Elneil dari University College Hospital, London, bentuk dan warna vagina enggak memengaruhi fungsi atau kesehatannya. Soalnya vagina yang sehat itu yang penting dia bisa berfungsi dengan baik, enggak gatal dan enggak mengeluarkan bau tidak sedap yang menyengat.

 

Baca juga: Tips Cara Mencegah Keputihan Dari Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

 

Bisa membersihkan diri sendiri

Fakta tentang vagina yang harus diketahui cewek lainnya adalah vagina punya kemampuan untuk membersihkan diri sendiri, karena dibatasi oleh berbagai kelenjar yang memproduksi cairan yang fungsinya untuk melumasi sekaligus membersihkan area vagina. Makanya kita enggak usah membersihkan vagian secara berlebihan dengan menggosoknya, menyemprot dengan aliran air desar atau menggunakan sabun pembersih yang mengandung pewangi atau kandungan keras, karena hal itu justru akan bikin infeksi vagina.

 


Sarang bakteri yang bermanfaat

Vagina memang bagian tubuh yang memiliki bakteri paling banyak. Tapi, sebagian besar bakteri yang dimili vagina adalah bakteri baik yang berfungsi untuk melindungi. Seperti menghasilkan antibiotik untuk membunuh bakteri berbahaya yang masuk, menghasilkan zat pencegah bakteri jahat menempel di dinding vagina dan ada bakteri lactobacilli yang membantu menjaga pH vagina agar enggak melebihi 4.5. Hal ini juga berfungsi untuk mencegah tumbuhnya organisme asing. Kalau pH di vagina meningkat, bisa mengakibatkan gatal, lecet sampai infeksi yang parah.

 

Baca juga: 5 Makanan Penjaga Kesehatan Miss V

 

Nah, sekarang sudah tahu donga 5 fakta penting yang harus diketahui cewek tentang vagina, jadi jaga kesehatan vagina kita dengan baik ya girls!

 

(aisha, foto: dok. media.giphy.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN