5 Fakta Penting Soal Texting While Driving

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 3 November 2014

5 Fakta Penting Soal Texting While Driving

Menggunakan handphone saat menyetir merupakan penyebab kecelakaan terbesar saat ini, terutama bagi new driver. Fakta-fakta berikut menunjukkan kalau sudah seharusnya kita menyimpan handphone saat sedang berkendara. Simak 5 fakta penting soal texting while driving ini, girls!

 

(Baca juga: Kenapa Kita Enggak Boleh Menyetir Sebelum 17 Tahun)

 

 

 

Resiko kecelakaan

Menurut penelitian dari The Virginia Tech Transportation Institute, mengirim pesan saat sedang menyetir meningkatkan resiko terjadi kecelakaan sampai 23 kali. Penelitian ini juga menemukan bahwa mengirim pesan saat menyetir memiliki kemungkinan terjadi kecelakaan enam kali lebih banyak ketimbang menyetir saat mabuk.

 

Khususnya remaja

Menurut penelitian yang dilakukan dosomething.org, 9 dari 10 remaja cenderung pengin langsung membalas setiap pesan yang masuk ke handphone mereka. Jika mereka menerima pesan saat sedang menyetir, muncul tekanan untuk membalas saat itu juga.

 

(Baca juga: Cool Smartphone Apps for New Driver)

 

Mengabaikan nasihat

Masih menurut dosomething.org, sebanyak 77% remaja di Amerika mengaku suka dinasihati oleh orang yang lebih dewasa untuk enggak menggunakan handphone saat menyetir. Tapi mereka mengabaikannya karena melihat para orang dewasa tersebut melakukan hal yang sama.

 

 

Amerika dan Jepang

Enggak hanya di Amerika, kecelakaan di Jepang juga banyak disebabkan karena penggunaan handphone. Tahun 2013 lalu ada 36 kasus, sedangkan pada 2010 hanya 23 kasus saja.

 

Mengganggu konsentrasi

Enggak hanya mengirim pesan, menelepon juga bisa mengganggu konsentrasi saat menyetir, meskipun sudah menggunakan handsfree. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Safety Council, rata-rata terjadi 1,4 juta kecelakaan dalam setahun di Amerika akibat menyetir sambil ngobrol di handphone. Dan, rata-rata terjadi 200 ribu kecelakaan  akibat mengirim pesan.

 

(Baca juga: Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Pertama Kali Menyetir)

 

(iif, foto: businessinsider.com, tumblr.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN