5 Cara Nge-rem Rasa Marah

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 18 Juni 2013

5 Cara Nge-rem Rasa Marah

Setiap hari, kayaknya, selalu aja ada hal-hal yang bikin kita merasa kesal atau marah. Dan ketika emosi memuncak, kita jadi rentan berbuat hal-hal yang 'enggak banget'.

 

Daripada menyesal gara-gara kemarahan kita sendiri, cari tahu hal apa aja yang harus kita lakukan saat kita merasa marah.

 

Diam dulu

"Ketika marah, hitunglah sampai sepuluh sebelum kamu berbicara lagi. Jika merasa sangat marah, hitunglah sampai seratus" kata Thomas Jefferson.

 

Berbicara dalam keadaan marah, kadangkala malah memperburuk keadaan. Bahkan, mungkin saja kita malah menyakiti perasaan orang lain. Orang lain juga merasa tersudut, dan menanggapi kita dengan rasa marah juga. Lebih baik, ketika marah, diam saja dulu. Tenangkan diri sampai rasanya emosi keluar. Baru bicara lagi.

 

Fokus ke hal lain

Begitu kita marah, coba untuk alihkan perasaan marah kita dengan melakukan hal lain. Ketika marah, emosi dan enerji kita memuncak. Sayang banget 'kan kalau enerji itu disia-siakan? Coba langsung berolahraga, menulis, atau menggambar. Siapa tahu justru malah menghasilkan 'karya 'yang bagus. Pokoknya, jauhkan fokus kita dari sumber kemarahan.


Tidur

Tidur bisa bikin mood kita kembali stabil. Makanya, untuk meredam emosi dan mood yang memburuk gara-gara marah, lebih baik kita tidur saja. Cari tempat yang nyaman, baca atau dengarkan musik lembut, lalu coba untuk tidur. Saat bangun, perasaan kesal kita sedikit menguap. Pikiran lebih jernih dan kita jadi siap untuk menguraikan masalah yang memicu kemarahan kita.


Dengar lagu kencang dan menyanyi

Enggak bisa tidur? Ambil alat musik atau radio kesayangan kita. Mainkan atau putar lagu dengan tempo cepat atau suara keras. Nyanyi  sekeras-kerasnya dan sepuas-puasnya. Luapkan emosi dan enerji berlebih kita lewat menyanyi.  Kalau perlu, ajak teman-teman pergi karaoke. Sambil joget-joget juga seru! Menyanyi baik untuk pernapasan dan bisa bikin mood kita membaik.


Cari Komedi

Begitu kesal, langsung lari ke bioskop atau cari di YouTube, film atau video-video lucu yang bisa bikin kita ketawa. Kalau enggak, langsung browsing dan buka  website-website yang menyediakan konten-konten yang unik dan lucu.

 

(dea, foto: weheartit.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN