5 Cara Mudah Belajar & Memahami Pelajaran Ilmu Sosial

Published by : Ifnur Hikmah Posted on : Senin, 4 April 2016

Foto: koreandramafashion.com

Pelajaran ilmu sosial, seperti Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan lainnya memiliki banyak detail yang kadang sulit untuk diingat dan dicerna. Seringkali, kesulitan yang kita alami dalam belajar pelajaran sosial adalah mengingat detail tersebut. Berikut 5 cara mudah belajar dan memahami pelajaran ilmu sosial yang bisa kita coba.

 

(Baca juga: 4 Trik Mengerjakan Soal Ujian Nasional Bahasa Inggris)

 

Belajar Dari Banyak Sumber

Belajar dari satu sumber saja kadang membuat kita cepat merasa bosan. Hal ini bisa diakali dengan belajar dari berbagai sumber. Selain membaca buku pelajaran, kita bisa menonton video atau film terkait topik, mencari penjelasan di internet dalam bentuk yang berbeda seperti penjelasan dalam bentuk infografis, interview dengan tokoh tertentu di bidang tersebut, atau video animasi terkait topik. Dengan menggabungkan beberapa sumber ini, maka informasi penting akan menempel di kepala dan kita pun jadi lebih paham akan topik tersebut.

 

Tanya Jawab

Tanya jawab membantu banget, lho, ketika kita ingin memahami sesuatu. Kalau enggak punya teman untuk tanya jawab, kita bisa kok bertanya ke diri sendiri lalu menjawabnya. Biasakan untuk melakukan ini setiap kali kita selesai membahas satu bab. Buat daftar pertanyaan lalu jawab. Dari sini kita bisa mengukur sudha sejauh mana kita memahami bahasan tersebut.

 

5 Cara Mudah Belajar & Memahami Pelajaran Ilmu Sosial
Foto: thatwritingthings.com

 

Kaitkan Dengan Yang Disuka

Biar enggak bosan memahami suatu topik, kenapa enggak dikaitkan dengan hal yang kita suka? Misalnya saat pelajaran Geografi, kita bisa belajar letak Geografi Korea selatan dengan mengaitkannya kepada seleb idola. Atau membuat simulasi soal dengan membawa nama-nama seleb, buku, film, lagu, dan hal lainnya yang kita suka dan cocok dengan bahasan tersebut.

 

Ajarkan Pada Orang Lain

Dengan berbagi ilmu kepada orang lain, itu akan memperkaya pengetahuan kita. Kita pun akan semakin paham dengan topik tersebut karena dengan mengajarkan kepada orang lain, secara enggak langsung kita mengingat dan memahami kembali topik tersebut.

 

Pahami, Bukan Dihafal

Salah satu kesalahan yang sering kita lakukana dalah menghafal. Padahal, yang sebaiknya dilakukan adalah memahami. Buat kata kunci atau garis bawahi hal penting di setiap bahasan, dan pahami hal tersebut. Cara ini juga lebih efektif ketimbang menghafal, karena bisa saja kita malah lupa apa yang kita hafal sata menghadapi lembar soal.

 

(Foto: koreandramafashion.com, thatwritingthings.com)

author :

Ifnur Hikmah

Writing. Reading. Eating. And Fangirling. Reporter di KaWanku sejak 2013. Pernah interview Charli XCX dan telepon-teleponan dengan Troye Sivan. Paling senang ketika ketemu dan interview GOT7, terutama JB dan berharap bisa ngobrol sama SHINee

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN