5 Cara Meredam Emosi di Jalan

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 7 Juli 2014

5 Cara Meredam Emosi di Jalan

Naik mobil, motor ataupun kendaraan umum, ada satu kesamaan yang kita rasain saat berada di jalanan yaitu emosian. Macet, disalip, disenggol, dipepet, bawannya langsung meradang. Coba nih 5 cara meredam emosi di jalan:

 

(Baca juga: Aman Dari si Jahil di Jalan)

 

Putar musik 
Faktanya, dengerin musik saat berkendara emang bisa bikin kita lebih rileks. Selalu siapkan lagu kesukaan di handphone atau CD favorit buat yang naik mobil. Putar dan nikmati sepenuh hati lagu-lagu itu.


Tapi ingat, volumenya jangan gede-gede. Biar kita masih bisa denger suara klakson, peluit pak polisi, dan lain-lain. Dan, sebisa mungkin pilih lagu yang iramanya pelan aja. Soalnya dengerin lagu keras, bikin adrenalin tersulut.

 

(Baca juga: Tetap Aman Naik Bus)


Berdoa 
He-he-he.. Kayak nasihat orangtua, ya? Eh, tapi ini ada khasiatnya. Kalau setiap mau pergi kita enggak lupa berdoa, selama berkendara juga kita enggak berhenti berdoa, dijamin hati lebih nyaman dan damai. Jadi gimanapun keadaan jalanan, emosi relatif lebih datar.


Pakai "kostum" yang tepat 
Maksudnya pakai pakaian yang pas dengan kondisi cuaca di jalanan. Kalau lagi panas, ya jangan pakai baju dobel-dobel. Kalau naga-naganya bakal lewat jalan yang rusak, neggak perlu dandan terlalu rapih, yang casual aja. 


Khusus buat temen-temen yang naik motor enggak boleh lupa tuh bawa pakaian cadangan. Buat jaga-jaga kalau menghadapi sikon yang enggak diinginkan, kayak hujan, kecipratan air.


Masalah kostum ini emang keliatannya cemen. Tapi menurut beberapa survey, pakaian yang nyaman bisa bikin pemakainnya pede dan relatif tenang menghadapi sikon apa aja. Lagian, baju kotor dan dandanan ancur gara-gara seribu satu alasan di perjalanan potensinya gede banget bikin emosi naik. 

 

(Baca juga: Kenapa Kita Enggak Boleh Menyetir Sebelum 17 Tahun)


Istirahat 
Betul! Kalo rasa-rasanya emosi bakal meledak, lebih baik buru-buru melipir ke pinggir jalan, deh. Cari tempat yang adem dan beristirahat sejenak. Lebih enak kalo istirahatnya di tempat tukang jualan minuman dan makanan kaki lima. Minuman dingin dan cemilan-cemilan lucu dijamin bisa meredam emosi seketika. He-he-he.

 

Fokus 
Tips ini emang rada susah. Saat emosi tersulut, kita harus fokus pada diri sendiri. Lakukan teknik relaksasi. Terus pelan-pelan bilang ke diri sendiri, "sabar, sabar, biar Tuhan yang balas". Terus, bawa otak buat kembali berpikir ke tempat tujuan dan abaikan segala hal yang memancing emosi di sekitar kita.

 

(Baca juga: 25 Things New Driver Must Know)

 

Selamat mencoba!

 

(ega/hai, foto: survivingcollege.com

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN