5 Cara Menguatkan Sinyal Smartphone (Bagian 1)

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 14 September 2015

5 Cara Menguatkan Sinyal Smartphone (Bagian 1)

Kadang, saat sedang menelepon pacar atau teman, tiba-tiba koneksi putus. Setelah dicek, ternyata sinyal operator yang kita gunakan melemah. Berikut 5 cara menguatkan sinyal smartphone yang melemah.

 

(Baca juga: 5 Smartphone Android Terbaik di Bawah 2 Juta Rupiah)

 

Cara mengecek kekuatan smartphone

Bila hal seperti ini terjadi, pastikan cek dulu kekuatan sinyal telepon di sekeliling. Salah satunya dengan cara melihat bar sinyal. Tapi bar sinyal hanya sekadar salah satu indikator saja dan enggak mutlak benar. Pasalnya, hingga saat ini tak ada standar yang mengatur soal jumlah bar sinyal sebuah ponsel.

 

Artinya bisa saja sinyal dua bar di iPhone ternyata lebih kuat dibandingkan dengan sinyal dua bar di ponsel Samsung.

 

(Baca juga: Tips Meng-Charge Smartphone Agar Baterai Berumur Panjang)

 

Kita juga punya cara lain untuk mengecek kekuatan sinyal tersebut. Bila menggunakan Android, cukup masuk ke dalam Setting, About, lalu klik Network. Selanjutnya kekuatan sinyalmu akan ditunjukkan dalam satuan decibel miliwatts (dBm).

 

Kalau menggunakan iPhone, cobalah untuk menekan *3001#12345# pada dial pad. Kita akan dibawa masuk ke menu Field Test dan bar sinyal akan berubah menjadi satuan dBm.

 

Sinyal pada -100 dBm menandakan kamu mendapatkan sinyal kualitas terburuk. Sedangkan angka -70 dBm menandakan kualitas sinyalmu sudah baik.

 

(Baca juga: Pilih Smartphone Sesuai Kebutuhan)

 

Cara menguatkan sinyal smartphone

Setelah punya akses untuk mengecek kekuatan sinyal, cobalah 5 cara menguatkan sinyal smartphone yang melemah ini:

 

Buat peta sinyal

Seandainya kita sedang berada di dalam rumah, buatlah sebuah denah rumah dalam bentuk sederhana. Nyalakan mode field test atau masuk ke Setting untuk melihat indikator kekuatan sinyal.

 

Selanjutnya berjalanlah dari satu titik ke titik di dalam rumah untuk mengetahui berapa kekuatan sinyal yang kamu dapatkan di sana. Tandai setiap titik di peta. Kita jadi mudah menemukan titik mana saja yang memiliki sinyal kuat. Setiap kali akan menelepon, lakukanlah di titik tersebut sehingga suaranya jernih.

 

(Baca juga: 5 Cara Menguatkan Sinyal Smartphone Bagian 2)

 

(yoga/nextren.com, foto: sites.google.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN