5 Cara Mencari Jurusan Kuliah Yang Tepat Untuk Kita

Published by : Ifnur Hikmah Posted on : Rabu, 23 Maret 2016

Foto: hwn.blog.banjig.net

Jurusan kuliah umumnya mempengaruhi masa depan kita, karena jurusan kuliah terkait dengan pekerjaan yang akan kita geluti nantinya setamatnya dari Universitas. Karena itu, jangan sampai, deh, kita memilih jurusan yang salah. Mumpung masih ada waktu sebelum kita lulus SMA, berikut lima cara mencari jurusan kuliah yang tepat untuk kita.

 

(Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Yang Lulusannya Sangat Dibutuhkan di Indonesia)

 

Sesuaikan Dengan Kemampuan

Salah satu cara memilih jurusan kuliah yang tepat untuk kita adalah menyesuaikannya dengan kemampuan atau bidang yang kita kuasai. Jika tidak, bisa-bisa kita malah kewalahan dalam menyelesaikan kegiatan perkuliahan. Kalau kita punya kemampuan di bidang musik, ada banyak jurusan kuliah terkait dengan musik yang bisa dipilih. Atau kalau kita punya kemampuan public speaking dan suka bersosialisasi, jurusan sosial seperti Komunikasi bisa jadi pilihan. Dengan memilih jurusan sesuai kemampuan, kita akan menjalani perkuliahan dengan semangat dan lulus dengan nilai gemilang.

 

Berdasarkan Cita-Cita & Minat

Tanyakan kepada diri sendiri, apa cita-cita kita? Di mana minat kita? Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa dijadikan panduan dalam memilih jurusan kuliah yang tepat untuk kita. Misalnya, kita bercita-cita pengin jadi wartawan, maka kita bisa kuliah di jurusan Komunikasi atau Sastra. Dengan begitu, ketika lulus nanti, kita bisa langsung melamar pekerjaan sesuai dengan cita-cita.

 

(Baca juga: 8 Jurusan Kuliah Buat Kamu Yang Suka Musik, Film, dan Animasi)

 

Berdasarkan Lapangan Pekerjaan

Jika masih bingung, mungkin kita bisa mencaritahu lapangan pekerjaan apa yang banyak diminati dan tersedia dalam waktu lima sampai sepuluh tahun ke depan. Dengan begitu, kita bisa mereka-reka jurusan kuliah apa yang bisa kita ambil. Perlu diperhatikan adalah, jurusan yang dipilih sesuai dengan ketertarikan kita sehingga enggak jadi beban ketika menjalaninya.

 

Berdasarkan Hobi

Kuliah berdasarkan hobi kedengarannya memang menyenangkan. kita enggak akan merasa kuliah jadi beban karena benar-benar menikmatinya. Misalnya buat kita yang suka menulis. jurusan sastra atau creative writing tentunya akan membuat kita bersemangat dalam menjalani perkuliahan. Atau kita yang suka main game, kita bisa mempertimbangkan jurusan yang terkait dengan komputer dan animasi.

 

(Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Yang Cocok Buat Pecinta Fashion)

 

Situasi Saat Ini

Situasi lingkungan tempat kita tinggal juga bisa jadi bahan pertimbangan untuk memilih jurusan kuliah. Jika kita tinggal di Indonesia dan nantinya akan bekerja di Indonesia, kita bisa mencari tahu lapangan pekerjaan atau bidang apa yang tersedia di sini. Hal itu juga bisa menjadi acuan dalam memilih jurusan kuliah agar nantinya kita bisa langsung melamar pekerjaan di bidang tersebut setelah lulus.

 

(Foto: hwn.blog.banjig.net)

author :

Ifnur Hikmah

Writing. Reading. Eating. And Fangirling. Reporter di KaWanku sejak 2013. Pernah interview Charli XCX dan telepon-teleponan dengan Troye Sivan. Paling senang ketika ketemu dan interview GOT7, terutama JB dan berharap bisa ngobrol sama SHINee

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN