5 Cara Memaksimalkan Otak Kanan

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 1 April 2015

5 Cara Memaksimalkan Otak Kanan

Keahlian yang kita miliki dipengaruhi oleh cara kerja otak kita. Ada yang menggunakan otak kiri dan ada juga yang menggunakan otak kanan. Tapi sebenarnya kita bisa menggunakan kedua otak kanan dan otak kiri, lho. Simak 5 cara melatih otak kanan kita, girls!

 

(Baca juga: 5 Cara Memaksimalkan Otak Kiri)

 

Ada dua bagian otak kita yang mempengaruhi kerja dan cara berpikir kita, yaitu otak kanan dan otak kiri. Orang yang dominan menggunakan otak kanan pada umumnya akan lebih gampang mengenali wajah orang, gampang mengekspresikan dan membaca  emosi, menyukai musik, punya intuisi yang kuat dan lebih kreatif. Umumnya mereka yang dominan di otak kanan, bekerja pada bidang kreatif dan seni. Untuk memaksimalkan otak kanan bisa coba 5 cara ini:

 

Belajar alat musik

Penelitian membuktikan kalau pemusik atau orang yang bisa memainkan alat musik menggunakan lebih banyak otak kanan dari pada otak kiri. Jadi enggak ada salahnya kita mencoba belajar salah satu alat musik. Enggak perlu jago sih, paling enggak kita bisa memainkan satu lagu sederhana.

 

(Baca juga: Tambah Skill, Yuk!)

 

Meditasi

Salah satu keuntungan dari meditasi adalah melatih diri untuk berkonsentrasi pada pikiran sambil memvisualisasikan sesuatu. Misal membayangkan pemandangan penuh pepohonan yang hijau, laut yang tenang dan hal-hal yang membuat kita nyaman.

 

Nah, kita bisa nih berlatih untuk memvisualisasikan sesuatu sehingga otak kita terangsang untuk menyimpan memori secara visual. Alternatif lain dari meditasi adalah 'ngelamun'. Saat melamun ini coba visualisasikan satu tempat secara detail. Misalnya, kamar kita. Bayangkan apa aja isi kamar, di mana posisi meja belajar, lalu di meja belajar ada berapa benda. Bentuknya seperti apa dan warnanya seperti apa.

 

(Baca juga: Ariana Grande: Meditasi, Hiking & Ikan Salmon)

 

Belajar menggambar

Walaupun kita enggak punya bakat menggambar, enggak ada salahnya untuk belajar menggambar. Saat menggambar kita akan merangsang otak untuk mengenal dan mengingat secara detail satu bentuk. Enggak perlu menghasilkan gambar yang terlalu bagus sih, tapi paling enggak dengan membuat satu bentuk lalu mewarnainya, ini sudah merupakan satu latihan buat otak kanan kita.

 

Belajar menulis

Menulis melatih kreativitas dan daya imajinasi. Ini membuat otak kanan kita bekerja dengan baik. Kita bisa memulai dengan menulis di diary, Twitter  atau Path. Tulis hal-hal yang sederhana aja yang kita alami sehari-hari. Menulis juga melatih kita untuk mengungkapkan emosi lebih baik.

 

Merajut dan menjahit

Kedengaran seperti hobi ibu-ibu enggak sih? Hi-hi-hi tapi sebenarnya aktivitas nih sangat membutuhkan konsentrasi dan melatih otak untuk tetap fokus. Bayangkan kalau merajut atau menjahit kalau enggak bisa fokus dengan pola rajut atau pola jahitan, pasti berantakan kan?

 

(Baca juga: Menulis Cerita Pribadi Bisa Mengubah Perilaku)

 

(muti, foto: imgur.com, tumblr.com, giphy.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN