5 Cara Melawan Kantuk Di Kelas

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 7 Januari 2014

5 Cara Melawan Kantuk Di Kelas

Kantuk datang menyerang tanpa diminta, termasuk saat kita sedang ada di kelas. Nah, biar enggak kena marah guru, lakukan hal-hal dibawah ini untuk melawan kantuk di kelas.

 

Berhitung

Salah satu penyebab ngantuk, karena cara mengajar guru kita yang membosankan. Untuk menghalau bosan dan kita tetap mendengarkan apa yang guru ucapkan, kita bisa bikin permainan. Misalnya hitung berapa kali guru kita mengucapkan kata ' sehingga' atau 'contohnya' atau kata-kata yang sering dia ucapkan. Boleh juga menghitung berapa kali dia memperbaiki posisi kaca mata atau gestur tubuh yang lain.

 

Ganti kalimat

Bila kita mendengarkan penjelasan guru, coba terjemahkan satu kalimat yang guru kita ucapkan dalam bahasa Inggris atau bahasa lainnya. Boleh kita terjemahkan dalam otak atau iseng ditulis. Ini membuat otak kita tetap berpikir dan enggak ngantuk lagi.

 

Doodle

Cara menghalau kantuk yang paling gampang adalah bikin doodle atau coretan-coretan di buku kita. Kadang dari doodle itu bisa muncul ide-ide lain, lho.

 

Makan permen karet

Trik yang satu ini harus dilakukan hati-hati ya. Biar enggak ketahuan. Hi-hi-hi. Tapi mengunyah permen karet bisa merangsang otak bekerja dan kantuk pun hilang.

 

Bikin catatan

Menulis adalah cara paling efektif membuat otak terus bekerja. Selipkan kertas bekas diantara buku, dan mulai bikin catatan. Terserah catatan apa aja, misalnya catatan soal rencana mingguan kita, rancangan proposal program osis, menghitung pengeluaran. Kalau kita suka  bikin cerpen, bisa juga potongan cerita atau outline karya kita.

 

(muti, foto: myweb.usf.edu)

 

 

 

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN