5 Cara Melawan Bosan di Kelas

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 14 Januari 2014

5 Cara Melawan Bosan di Kelas

Dalam satu hari pasti kita pernah mengalami rasa bosan di kelas. Ini membuat kita enggak konsentrasi dan mengantuk. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melawan rasa bosan ini.

 

Tetap duduk tegak

Sebosan apa pun kita di kelas, tapi usahakan jangan terlihat oleh guru. Saat duduk, jangan membungkuk, apa lagi sampai meletakan kepala di meja. Posisi duduk harus tegak seperti kita serius menyimak pembicaraan guru kita. Dengan begitu kita akan terhindar dari amarah apalagi sampai dipanggil maju ke depan. Hi-hi-hi. Duduk tegak juga membuat kita tetap waspada dan rasa bosan bisa sedikit berkurang.

 

Terlibat

Seberapa bosannya pelajaran atau enggak sukanya kita, coba ikut terlibat dalam pelajaran. Caranya, dengarkan penjelasan guru kita lalu bertanya. Enggak perlu kita ngerti banget-banget, yang penting acungkan tangan dan bertanya. Cari pertanyaan yang gampang. Misalnya " Maaf, Pak kurang mengerti, bisa tolong dijelaskan lagi.'  Kalau kita ngerti sedikit, boleh lho agak berdebat dan bilang enggak setuju. Ajak satu atau dua teman kita juga ikutan menyetujui pendapat kita. Ini bisa memancing kelas jadi lebih ramai. Dan kita pun enggak bosan lagi.

 

Nulis

Kalau kita dalam kelas dimana tipe guru kita doyan menulis di papan tulis, kita bisa menawarkan diri untuk jadi juru tulis di papan. Jangan ragu-ragu mengacungkan jari dan maju ke depan. Dengan berdiri dan menulis membuat waktu enggak terasa habis dan tanpa kita sadari pelajaran sudah selesai.

 

Dengerin musik

Cara ini mungkin agak beresiko ya. Tapi boleh dicoba, lho. Kita harus menggunakan sweater atau cardigan, sehingga kabel  ipod/MP3 kita diselipkan lewat lengan baju. Dan pakai earphone hanya pada satu telinga saja, sehingga kita tetap bisa mendengarkan apa yang guru kita katakan.

 

Mengerjakan yang lain

Bisa jadi kita bosan, karena sebenarnya kita sudah mengerti pelajaran yang guru kita terangkan karena dia berulang-ulang kali menerangkannya. Kalau kasusnya seperti ini, kita bisa mengerjakan hal lain. Seperti baca buku pelajaran favorit kita atau mengerjakan bab berikutnya. Nah jadi kalau kita ditanya guru kita, kita udah lebih tahu duluan kan?

 

(muti, foto: coursehero.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN