5 Cara Biar Otak Makin Encer

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 6 Agustus 2013

5 Cara Biar Otak Makin Encer

Percaya enggak kalau manusia sering enggak memaksimalkan kerja otaknya. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kerja otak biar kita tambah pintar dan kreatif.  

 

Keluar dari kebiasaan

Lakukan beberapa hal yang diluar kebiasaan kita. Misalnya, kalau biasanya kita mengosok gigi dengan tangan kanan, sekali-kali gunakan tangan kiri. Atau kalau lagi jalan beriringan dengan teman kita bisa jalan mundur. Sekalian, kan, saat ngobrol bisa melihat ekspresi dia. Dengan cara ini kita merangsang otak untuk bekerja lebih dari biasanya.

 

Minum air

Otak kita terdiri atas 80% air. Kalau otak enggak terpenuhi kebutuhan airnya, dia enggak akan bekerja maksimal. Jadi biasakan minum air sehari minimal delapan gelas. Kurangi juga minum kopi karena cafeinnya menyerap banyak air atau membuat tubuh termasuk otak malah kekurangan air.

 

Kurangi jam nonton tv.

Orang yang menonton TV lebih dari dua jam sehari, kelak setelah tua lebih cepat terserang penyanyit Alzheimer (penyakit lupa ingatan atau pikun yang parah). Terlalu sering menonton membuat otak cenderung malas bekerja dengan optimal.

 

Menari

Salah satu aktivitas yang merangsang kerja otak adalah dengan menari. Menari melatih otak untuk mengkoordinasikan gerakan seluruh bagian tubuh mulai dari tangan, kaki hingga mata. Menari juga menghilangkan stres, lho. Jadi putar lagu kesukaan kita dan joget sepuasnya.

 

Tidur yang cukup

Riset membuktikan orang yang tidur sekitar tujuh jam sehari, otaknya beraktivitas dengan baik dibandingkan mereka yang kurang tidur. Kurang tidur malah membuat kita enggak konsentrasi, cepata marah, stres dan cepat lupa.

 

(muti,Foto: picturecollection.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN