5 Barang yang Enggak Boleh Ada di Kasur Sebelum Tidur

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 1 Desember 2014

5 Barang yang Enggak Boleh Ada di Kasur Sebelum Tidur

Supaya bisa tidur berkualitas, ada 5 barang yang enggak boleh ada di atas kasur sebelum tidur.

 

(Baca juga: Tips Mudah Tertidur Pulas Saat Insomnia Melanda)

 

Hape

Jaman sekarang, hand phone emang enggak bisa jauh-jauh dari pemiliknya. Hape sering digunakan sebagai alarm dan diletakkan di samping bantal tidur atau meja di dekat tempat tidur. Sebelum tidur pun banyak dari kita yang melakukan "ritual" dengan hape-nya, seperti membuka media sosial Path, Instagram, atau Facebook.

 

Padahal nih, bunyi pada hape itu bisa mengganggu tidur malam. Enggak hanya itu, berdasarkan penelitian cahaya biru dari hape memicu terganggunya produksi hormon melatonin atau hormon tidur. Hal ini menyebabkan kamu jadi susah tidur.

 

Bahkan banyak penelitian menyatakan bahwa melatonin dapat mencegah risiko kanker.

 

(Baca juga: Bahayanya Membiarkan Ponsel Menyala Saat Tidur)

 

Tugas

Saat tiba di rumah, PR dari sekolah, kampus atau tugas dari kantor kadang masih kamu lanjutin di atas tempat tidur. Padahal, cahaya dari laptop, tablet atau hand phone sebaiknya tidak berada di tempat tidur.

 

Hewan peliharaan

Sampai rumah ketemu binatang kesayangan emang jadi "obat capek", apalagi kalau bianatang peliharaan kita itu lagi pengen dimanja sama si empunya. Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing sangat senang naik ke atas tempat tidur untuk tidur di dekat pemiliknya. Sering kali, kamu sendiri lah yang membawa hewan peliharaan ke atas tempat tidur.

 

Namun, tanpa disadari, hewan sering terbangun dan bersuara pada malam hari sehingga membuat kamu terbangun dari tidur. Berdasarkan penelitian 2014, sebanyak 30 persen pemilik hewan peliharaan mengaku terbangun setidaknya sekali dalam satu malam karena hewan peliharaan mereka.

Tak hanya itu, bulu-bulu pada hewan kalau nggak dijaga kebersihannya bisa membawa debu dan membuat pemiliknya berisiko terkena alergi.

 

(Baca juga: 5 Hewan Lucu yang Bisa Membunuh Manusia)

 

Makanan

Banyak orang makan di tempat tidur jadi kotor dan mengundang serangga seperti semut dan kecoa. Hal ini tentunya bisa mengganggu tidur kamu.

 

Buku

Ada yang bilang baca buku bisa jadi "obat ngantuk". Membaca buku di tempat tidur dinilai dapat menurunkan kualitas tidur seseorang. Para ahli tidur kembali menegaskan bahwa kamar tidur seharusnya hanya untuk tidur.

 

(Baca juga: Gaya Hidup yang Bisa Membunuh Kita Perlahan)

 

(ega/hai-on;one.com, foto: tumblr.com, gurupop.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN