5 Alasan Teman Membuat Kita Lebih Bahagia dan Sehat

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 13 Juli 2014

5 Alasan Teman Membuat Kita Lebih Bahagia dan Sehat

Apa jadinya kita tanpa seorang teman? Seorang teman adalah perluasan dari keluarga (terkadang justru menjadi keluarga yang sebenarnya). Bahkan, secara ilmiah, hubungan persahabatan dianggap menguntungkan seseorang dalam hal fisik dan emosional. Berikut adalah lima alasan teman membuat kita lebih bahagia dan sehat.

(Baca juga: Jadi Teman Terbaik Sedunia)

Teman membuat lita tenang
Pernah merasa ada beban berat di pundak kita? Seorang teman, bisa membantu kita keluar dari perasaan itu. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 mengungkap, menghabiskan waktu dengan teman-teman kita dapat membantu mengurangi stres.  

Teman meningkatkan rasa memiliki
Memiliki rasa terhubung dengan orang lain enggak hanya membuat kita lebih welas asih, tetapi juga membuat kita memiliki rasa memiliki. Karyn Hall, Ph.D., direktur dari Dialectical Behavior Therapy Center di Houston, Texas mengungkap, teman juga mampu menjadi pintu gerbang yang memampukan kita merasa menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar.

 

"Rasa saling memiliki dalam komunitas yang lebih besar meningkatkan motivasi, kesehatan, dan kebahagiaan kita," tulisnya dalam sebuah blog Psychology Today baru-baru ini.

 

"Bila kita melihat hubungan kita dengan orang lain, kita tahu bahwa semua orang sama-sama berjuang dan punya masa-masa sulit. Ini membuat kita merasa nyaman untuk tahu bahwa kita tak sendirian," tambahnya.

 

(Baca juga: 6 Tipe Teman yang Harus Kita Punya)

 

Teman membantu dalam memerangi masalah kesehatan
Memiliki seorang teman yang berdiri di samping kita dapat membantu kita memandang sebuah tantangan besar, tampak lebih kecil. Masalah kesehatan, tak terkecuali. Penelitian telah menunjukkan, dukungan sosial yang kuat punya efek positif bagi mereka yang berjuang melawan penyakit, mengurangi risiko demensia, bahkan depresi. 

 
Teman meningkatkan mood Kita

Selain menekan stres kita, hubungan sosial memiliki pengaruh positif pada suasana hati kita secara keseluruhan. Para peneliti telah menemukan, membuat teman baru dapat mengangkat semangat kita melalui pelepasan hormon oksitosin dalam tubuh.

Teman membantu kita awet muda
Teman-teman kitamungkin memiliki dampak langsung pada kehidupan kita sekarang. Namun, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 menemukan, teman yang kita miliki sekarang juga dapat membantu kita di kemudian hari. Dikelilingi teman yang positif dapat membantu kita berhenti merokok, menjalani pola makan yang lebih baik, dan menghindari kesepian di kemudian hari. (Sumber: Huffingtonpost) 

 

(Baca juga: Kenali Empat Tipe Kepribadian Teman)

 

(chatarina/intisari.com, foto: weheartit.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN