5 Alasan Adopsi Binatang Lebih Baik Daripada Beli

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 20 November 2013

5 Alasan Adopsi Binatang Lebih Baik Daripada Beli

Punya binatang peliharaan itu sangat menyenangkan. Binatang bisa jadi teman terbaik dan bisa jadi penghilang stres juga. Daripada membeli, akan jauh lebih baik kalau kita mengadopsi binatang.

 

Banyak binatang terlantar di dunia ini karena berbagai alasan. Binatang terlantar ini sering mati karena kelaparan, sakit atau dibunuh karena mengganggu lingkungan. Beruntunglah beberapa bisa diselamatkan dan tinggal di tempat penampungan. Di sana mereka dirawat dan diberi makan hingga ada orang yang mau menjadikan mereka binatang peliharaan.

 

Di satu penampungan binatang bisa menampung sekitar 300 binatang. Mereka semua itu pasti butuh tuan. Nah, buat kita yang pengin punya binatang peliharaan, salah satu jalannya bisa dengan cara mengadopsi binatang-binatang dari rumah penampungan ini.

 

Kesehatan terjamin

Salah satu keuntungan dari mengadopsi binatang dari tempat penampungan adalah kesehatan dan perawatan yang terjamin. Sebagian binatang di sana biasanya sudah disterilisasi dan divaksin agar enggak menularkan penyakit pada teman-temannya. Kita pun jadi enggak perlu khawatir saat memeliharanya.

 

Ras tahan banting

Tiap jalan-jalan ke pet shop, kita pasti sering gemas dengan binatang-binatang aneka ras yang dijual saking lucunya. Well, kalau niat kita memang memelihara binatang, sebenarnya tidak perlu binatang ras tertentu, kan? Binatang non ras juga bisa kita pelihara.Jenis ini bahkan tergolong binatang yang tahan banting. Dari segi perawatan dan makanannya pun lebih mudah dan murah. Mereka pun bisa pintar dan selucu binatang ras kalau dilatih.

 

Harga hemat

Kalau kita membeli binatang di pet shop, satu anak anjing ras bisa mencapai harga Rp2-5 juta. Sementara di tempat penampungan binatang, kita cukup membayar biaya vaksinasi sekitar Rp300-400 ribu. Kalau budget terbatas, kita pun bisa membayar lebih murah. Karena tujuan dari tempat penampungan adalah memberikan rumah buat binatang terlantar, mulia banget, kan?  Tinggal kita pilih binatang apa yang cocok dengan kondisi rumah dan juga karakter kita.

 

Puppy mill

Pernah dengar istilah puppy mill atau puppy farm? Ini adalah tempat pembiakkan anjing ras yang khusus untuk dijual. Karena tujuannya dijual, jadi yang diutamakan adalah keuntungan. Mereka biasanya tinggal di kandang yang penuh sesak dan kondisinya enggak layak. Setelah mereka cukup besar, barulah dijual di pet shop. Di Eropa dan Amrik, sudah banyak kampanye anti puppy mills, lho. Jadi sekali lagi, hati-hati kalau mau beli anjing di pet shop. Begitu juga kalau kita membeli anjing di pinggir jalan yang diletakkan di kandang selama berjam-jam dan dikasih makan seadanya demi pendapatkan keuntungan. Kalau kita berhenti membeli binatang dan memilih adopsi, pasti penjualan anjing seperti itu pun lama-lama akan berkurang.

 

Adopsi binatang langka

Selain bisa mengadopsi binatang yang bisa kita bawa pulang dan dijadikan teman, kita juga bisa mengadopsi binatang langka. Tentu prosesnya sedikit berbeda. Kita menyumbangkan sejumlah uang untuk kesehatan dan biaya hidup mereka. WWF Indonesia adalah salah satu tempat yang menyediakan program jadi sahabat binatang. Kita bisa pilih binatang yang kita mau mulai badak jawa, gajah, harimau sumatra dan orang utan. Programnya antara lain rhino care, sahabat badak, sahabat harimau dan sahabat orang utan. Kita tinggal klik situs http://www.wwf.or.id. Tuh, banyak cara untuk menyelamatkan binatang, kan?


Tertarik mengadopsi teman baru?

Pejaten Shelter

Jalan Pejaten Barat no. 45 W Jakarta Selatan

 

House of Stray-Bogor

Twitter: @houseofstray

 

WWF Indonesia

www.wwf.or.id .

email : supporter-service@wwf.or.id 

 

CARE
Center for Animal Rescue and Education
Jl. Gambiran 52 Yogyakarta Indonesia
Telp. 0818.266.276
e-mail: care_4animal [at] yahoo.com

 

(muti, foto: uk.omg.yahoo.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN