4 Trik Mengerjakan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia

Published by : Natasha Erika Posted on : Selasa, 7 April 2015

4 Trik Mengerjakan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia

Buat yang bentar lagi menghadapi Ujian Nasional, ada beberapa tips yang bisa kita tengok supaya sukses mengerjakan soal-soal. Kali ini, kita akan membahas soal bahasa Indonesia. Berikut 4 trik mengerjakan Ujian Nasional Bahasa Indonesia berdasarkan tipe soal yang umum keluar.

 

Baca juga: 4 Trik Mengerjakan Soal Ujian Nasional Bahasa Inggris

 

Soal wacana

Enggak berbeda jauh dari soal Ujian Nasional Bahasa Inggris, soal wacana juga sering keluar di ujian Bahasa Indonesia. Biasanya, kita bakal ditanyakan tentang gagasan utama, simpulan, latar tempat atau waktu dan sebagainya yang mengacu pada bacaan tersebut.

 

Pastikan, kita membaca dan memahami betul wacana yang disajikan. Kemudian, temukan pokok bahasan yang ingin disampaikan dari wacana tersebut. Hal itu akan memudahkan kita untuk memahami materi wacana.

 

Wacana untuk soal bahasa Indonesia itu bisa berupa: narasi, tajuk, puisi, pantun, opini dan sebagainya.

 

Soal daftar pustaka

Tipe soal ini juga sering keluar saat Ujian Nasional Bahasa Indonesia. Biasanya, kita bakal diberikan beberapa informasi seperti nama penulis, judul buku, info soal penerbitan dan  beberapa informasi tambahan lain. Enggak semua informasi harus kita pakai, biasanya itu menjadi jebakan buat kita. Yang perlu kita tahu adalah susunan umum penulisan daftar pustaka dalam kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 

Baca juga: Ujian Nasional (UN) 2015: Tingkat Kesulitan Soal Enggak Berubah

 

Soal bergambar

Biasanya soal bergambar untuk Ujian Nasional Bahasa Indonesia itu berupa memo dan iklan berbaris. Pertanyaan untuk soal bergambar biasanya berupa informasi seperti apa yang ingin disampaikan dari gambar tersebut. Seenggaknya kita harus memahami inti dari soal bergambar itu hendak menyampaikan hal apa kepada pembaca yang ditujukan.

 

Soal kalimat efektif

Ini juga salah satu tipe soal yang sering membuat kita bingung. Biasanya, soal akan menanyakan kalimat efektif dari kalimat tidak efektif yang diberikan. Terkadang, kita menganggap kalau kalimat efektif adalah kalimat singkat. Eits... Kalimat efektif itu enggak cuma singkat tapi juga harus bisa menjelaskan secara utuh maksud dari kalimat tidak efektif.

 

Trik gampangnya: Ambil beberapa kata kunci yang menurut kita penting dari kalimat tersebut. Pilih jawaban dari pilihan ganda yang mencakup semua kata kunci penting. Jika menurut kita, jawaban tersebut sudah menjelaskan maksud penting kalimat, maka enggak perlu ragu untuk memilih jawaban tersebut.

 

Semangat dan semoga berhasil, girls!

 

Baca juga: Ujian Nasional: Hindari Stress Sebelum Ujian

 

(foto: chibird.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN